Tampilkan di aplikasi

Anak takut menginjak rumput, kok, bisa?

Tabloid NOVA - Edisi 1758
29 Oktober 2021

Tabloid NOVA - Edisi 1758

Anak menangis ketika pertama menginjak rumput, wajar, kok. Tapi ada tips agar ia tidak keterusan takut.

NOVA
Sahabat NOVA, mungkin Anda pernah mendengar bayi atau anak-anak yang tidak mau menginjakkan kakinya di atas rumput, bahkan takut rumput? Hal ini dialami juga oleh anak dari selebgram Arief Muhammad yang bernama Ibrahim, yang biasa dipanggil Baim. Dalam vlog pribadi berjudul “Berenang Bersama Baim” yang diunggah di kanal YouTube-nya, tampak Baim menangis dan berusaha menghindar dari rumput, ketika ayah ibunya menaruhnya di atas rumput. Lalu sebenarnya apakah hal tersebut normal? Yuk cari tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Wajar Terjadi. Menurut Dr. Rose Mini Agoes Salim M.Psi, Psikolog, psikolog anak dari Universitas Indonesia, rupanya hal tersebut wajar, kok Meskipun tidak semua bayi atau balita merasa takut dengan rumput, umumnya si kecil akan menangis ketika pertama kali menyentuh atau menginjak benda yang asing.

Wajar saja di beberapa bulan pertama kehidupan, sistem saraf anak sedang beradaptasi dan berkembang dengan cepat untuk mengenali suara, sensasi, dan pemandangan. Sehingga, ketika anak belum pernah mengenal rumput lalu ditempatkan di atasnya, sistem saraf sensorik mereka otomatis akan terkejut.

“Sebaiknya saat sebelum membuat anak menyentuh rumput kita kenalkan atau ceritakan terlebih dahulu rumput itu seperti apa,” kata Rose. Kalau selama masa pandemi Covid-19 si kecil tidak pernah dibawa keluar atau bahkan melihat rumput, lalu tiba-tiba diajak bermain di atas rumput, maka bisa saja anak merasa kaget dan respons alami yang keluar adalah menangis. Meskipun ada juga yang tertawa geli dan senang ketika pertama kali menginjak rumput.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI