Tampilkan di aplikasi

Mau lahiran normal walau pernah sesar? Bisa, kok!

Tabloid NOVA - Edisi 1759
5 November 2021

Tabloid NOVA - Edisi 1759

Banyak ibu yang ingin melahirkan tanpa operasi. Untuk yang pernah sesar, ternyata ada syaratnya. Apa saja?

NOVA
Tak sedikit dari kita yang menginginkan untuk bisa bersalin secara normal. Namun, karena beberapa hal, kadang persalinan normal tak bisa dilakukan. Akhirnya, operasi sesar menjadi jalan keluar. Tentu keduanya sama baiknya, melahirkan sesar pun tak mengurangi nilai kita sebagai ibu. Biasanya ibu yang pernah melahirkan sesar akan lebih dianjurkan untuk melakukan operasi sesar kembali di kehamilan berikutnya. Akan tetapi, beberapa ibu masih ingin merasakan persalinan secara normal.

Setidaknya ada tiga alasannya yakni, penasaran dan mengejar pengalaman, ingin proses pemulihan yang lebih cepat, dan/atau pernah mengalami trauma atau kejadian tidak menyenangkan saat operasi sesar. Sebenarnya, masih ada kesempatan bagi kita untuk melahirkan secara VBAC (Vaginal Birth After Caesarean), yakni melahirkan secara normal di kehamilan berikutnya setelah pernah melakukan persalinan sesar.

Salah satu selebritas yang pernah melakukan VBAC adalah Sabai Dieter Morscheck. Persalinan VBAC sukses dilakukan istri Agus Ringgo Rahman ini, pada kelahiran anak keduanya yang baru berulang tahun tepat satu tahun di 30 Oktober kemarin. Nah, kalau Sahabat NOVA sedang mempertimbangkan melakukan persalinan secara VBAC, mari simak langsung penjelasan dari dr. Thomas Cahyadi, Sp.OG., dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari Pusat Fertilitas Bocah Indonesia, berikut ini.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI