Tampilkan di aplikasi

Belajar dari Ruben Onsu waspadai tanda bahaya tekanan darah rendah

Tabloid NOVA - Edisi 1791
17 Juni 2022

Tabloid NOVA - Edisi 1791

Cek tekanan darah

NOVA
Belum lama ini selebritas Tanah Air, Ruben Onsu harus dilarikan ke ICU secara mendadak. Kabar ini datang dari unggahan video di kanal YouTube The Onsu Family pada Minggu, 5 Juni lalu.

Sang istri, Sarwendah mengungkapkan jika Ruben mengalami tekanan darah rendah. Dalam pemeriksaan yang terakhir menunjukkan tekanan darah yang sangat rendah hingga membutuhkan perawatan. Bahkan, ayah tiga orang anak ini sampai membutuhkan transfusi darah.

Gangguan kesehatan yang parah akibat tekanan darah atau tensi rendah memang jarang terdengar. Hal ini jika dibandingkan dengan gangguan kesehatan akibat tekanan darah tinggi (hipertensi). Sehingga agaknya membuat masalah tekanan darah rendah sering diabaikan. Padahal kondisi ini tetap butuh perhatian agar tak merugikan diri jika telat ditangani.

Lantas, apa saja gejala dan tanda bahaya yang perlu diwaspadai? Lalu, bagaimana langkah perawatan dan pengobatan bagi penderita tekanan darah rendah? Waspada Gejala Syok Tekanan darah rendah (hipotensi) sendiri umumnya dianggap sebagai pembacaan tekanan darah yang lebih rendah dari 90/60 (sistolik/diastolik) mmHg.

Dilansir dari Webmd, penyebab tekanan darah rendah bisa terkait beberapa hal. Seperti kehamilan, masalah hormonal, diabetes, gula darah rendah (hipoglikemia), penggunaan obat-obatan tertentu seperti obat depresi atau gagal jantung, dehidrasi berat akibat muntah, diare, atau demam. Lalu ada juga penyebab seperti anafilaksis, infeksi sepsis, hingga masalah kelelahan. Bergadang berhari-hari juga biasanya bisa menyebabkan tensi rendah.

Pada beberapa orang, kondisi tekanan darah rendah ini mungkin tidak menyebabkan gejala yang serius. Namun sebagian yang lain, seperti Ruben Onsu, bisa menjadi masalah kesehatan yang membahayakan. Tekanan darah yang rendah membuat darah tidak memadai untuk dialirkan ke jantung, otak, dan organ vital lainnya.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI