Tampilkan di aplikasi

Akhir perjalanan Eril “Saatnya kamu pulang...”

Tabloid NOVA - Edisi 1791
17 Juni 2022

Tabloid NOVA - Edisi 1791

Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

NOVA
Kabar yang ditunggu akhirnya tiba, jasad Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss. Adalah Geraldine Beldi, seorang guru sekolah dasar (SD) di Bern yang menemukan tubuh Eril tersangkut di pintu bendungan, Rabu pagi (8/6), sekitar pukul 06.50 waktu setempat.

Cerita itu diungkap Ridwan Kamil di akun Instagram pribadinya, disertai video saat dia menemui Geraldine untuk menyampaikan rasa terima kasihnya. Kang Emil, begitu ia biasa disapa, langsung terbang ke Swiss untuk menjemput jasad putranya yang sebelumnya dinyatakan hilang, ketika berenang di Sungai Aare, Bern, pada 26 Juni 2022 silam.

Tak cuma Kang Emil dan Atalia Praratya Kamil istrinya, dan dua anak mereka yang lain, Camillia Laetitia Azzahra (Zahra) dan Arkana Aidan Misbach yang menunggu kabar ditemukannya jasad Eril. Tapi juga jutaan masyarakat di Indonesia yang selama ini ikut bersedih dengan kisah hilangnya Eril, termasuk cerita perjuangan keluarga selama 14 hari mencari jasad lelaki berusia 23 tahun itu.

Peristirahatan Terakhir Setelah proses serah-terima jasad Eril dari Pemerintah Swiss, Ridwan Kamil langsung membawa pulang almarhum anak lelakinya itu ke Indonesia, untuk kemudian diantar ke peristirahatan terakhirnya di pemakaman keluarga yang berada di Kompleks Masjid Al Mumtadz, Cimaung, Bandung.

“Rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Dan yang terpenting, Masjid ini dinamai seperti namamu,” tulis Ridwan Kamil dalam unggahan Instagramnya.

Jasad Eril sampai di Gedung Pakuan, rumah kediaman resmi Gubernur Jabar, pada Minggu (12/6) malam. NOVA ikut menyaksikan sendiri kedukaan warga Bandung, menanti kedatangan mobil ambulans yang membawa jasad putra Gubernur kesayangan mereka. Meski hujan turun, warga seolah bergeming.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI