Tampilkan di aplikasi

Orangtua jadi bestie bagi si kecil, kenapa tidak?

Tabloid NOVA - Edisi 1802
2 September 2022

Tabloid NOVA - Edisi 1802

Mau jadi sahabat bagi anak, takut anak tidak sopan pada kita. Padahal, antara sahabat harusnya, kan, tetap sopan.

NOVA
Setiap orangtua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, termasuk juga dalam hal pengasuhan. Selain memberikan perhatian, contoh yang baik, banyak orangtua masa kini yang ingin memosisikan diri sebagai teman atau sahabat bagi anak. Tujuannya, agar anak bisa merasa dekat dan mau terbuka dengan orangtuanya.

Kalau ada masalah pun akan memilih bercerita kepada orangtua, bukan orang lain. Tapi, banyak juga yang tidak sepakat degan hal tersebut. Biasanya alasan tak setuju karena khawatir hubungan orangtua dan anak yang seperti teman berisiko membuat peran sebagai orangtua menjadi bias.

Menurut Seto Mulyadi atau lebih dikenal Kak Seto, psikolog anak, pemahaman sahabat anak ini secara psikologi adalah suatu pendidikan yang Menurut Kak Seto, orangtua yang membesarkan anak dengan cara paksaan dan penuh tekanan, jauh dari nuansa persahabatan, malah berpeluang akan gagal.

Hasilnya, anak-anak bisa fight atau fly. Yang dimaksud fight adalah anak jadi berani melawan orangtua. Sementara fly maksudnya anak “terbang” alias kabur meninggalkan rumah karena tidak nyaman. membuat anak-anak merasa dimanusiakan, dihargai, dan didengarkan. Jadi bukan benarbenar sahabat layaknya teman sebaya. Dengan demikian Anda tak perlu khawatir tak ada batasan antara orangtua dan anak, lalu anak jadi tak sopan pada orangtua.

“Persahabatan itu mana ada yang enggak sopan. Persahabatan itu, kan, saling menghargai, artinya satu sisi anak sopan pada orangtua, tapi di sisi lain orangtua juga sopan kepada anak,” kata Kak Seto, kepada NOVA. Lebih lanjut, Kak Seto yang juga founder Homeschooling Kak Seto pun menganjurkan agar para orangtua bisa bersikap layaknya sahabat kepada anak, yang juga bagian dari amanat undang-undang perlindungan anak.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI