Tampilkan di aplikasi

5 cara menghilangkan flu tanpa obat

Tabloid NOVA - Edisi 1807
7 Oktober 2022

Tabloid NOVA - Edisi 1807

Segera lakukan langkah-langkah ini saat flu melanda.

NOVA
Cuaca tak menentu bisa bikin orang flu. Bahkan bulan Agustus dan September ini banyak orang di media sosial yang mengeluhkan dirinya terserang flu. Flu sendiri adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Kalau sudah kena, kita akan mengalami gejala flu seperti merasa demam, batuk, sakit tenggorokan, nyeri, hingga pilek dan hidung tersumbat.

Sebenarnya flu bisa kita atasi dengan minum obat flu yang beredar luas di pasaran. Tapi, ternyata tanpa obat pun, flu bisa sembuh dengan cepat, lho. Bagaimana caranya? Coba ikuti 5 cara berikut ini.

1. Minum Banyak Air
Flu bisa membuat kita dehidrasi, terutama jika disertai muntah atau diare. Makanya pastikan tubuh terus terhidrasi dengan memenuhi cairan yang cukup. Kita bisa minum air putih, jus buah, air rebusan jahe, atau minuman elektrolit. Teh herbal dengan madu juga bisa menjadi solusi karena dapat meredakan sakit tenggorokan karena flu. Sebaliknya, jauhi minuman berkafein karena kafein bersifat diuretik. Cek secara berkala kondisi cairan pada tubuh dengan memerhatikan urine. Jika kebutuhan cairan terpenuhi maka urine akan berwarna kuning pucat atau hampir tidak berwarna.

2. Gunakan Humidifier
Humidifier berfungsi melembapkan udara. Cocok untuk kita yang tinggal di daerah kering atau panas. Selain itu, alat ini diketahui bisa membantu meredakan hidung tersumbat dan batuk karena bisa mengontrol udara. Namun, pastikan untuk menjaga kebersihan perangkat untuk mencegah berkembangnya jamur, ya.

3. Berkumur Air Garam
Berkumur dengan air garam membantu menghilangkan lendir kental yang terkumpul di bagian belakang tenggorokan. Lakukan berkumur dan gargling (berkumur di tenggorokan) setiap pagi, misalnya. Cara ini juga dapat membantu meringankan telinga yang tersumbat.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI