Tampilkan di aplikasi

Pelukan, cara sederhana merawat hubungan tetap intim

Tabloid NOVA - Edisi 1812
11 November 2022

Tabloid NOVA - Edisi 1812

Tak seperti kegiatan bercinta yang perlu persiapan, berpelukan atau cuddling bisa dilakukan kapan saja.

NOVA
Setiap pasangan tentu berkeinginan agar hubungannya awet hingga maut memisahkan. Namun pada kenyataannya, mempertahankan hubungan tidaklah mudah. Tapi tahu enggak sih, di tengah kesibukan Anda dan pasangan, ada lho cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan tetap intim. Yakni dengan rutin melakukan cuddling atau berpelukan. Tapi bukan sembarang berpelukan.

Ada dua jenis pelukan, dalam bahasa Inggris dikenal istilah hug dan cuddle. Sejumlah sumber menyebutkan, hug dimaknai sebagai keakraban, cinta, kasih sayang, persahabatan, dan persaudaraan. Sementara cuddle dimaknai sebagai cinta dan kasih sayang saja. Cuddling merupakan aktivitas romantis ketika kita berbaring bersama pasangan atau duduk berdekatan dengan mesra, lalu berpelukan. Tidak seperti bercinta yang butuh persiapan, berpelukan bisa dilakukan kapan saja.

“Cuddling ini memberikan rasa nyaman, aman, perasaan kalau kita saling mendukung satu sama lain. Kalau dikaitkan dengan biologis, rasa aman itu sangat erat dengan aktivitas hormonal. Jadi kalau kita berpelukan itu meningkatkan hormon-hormon bahagia seperti endorfin, menurunkan hormon stres,” kata Keumala Nuranti, M..Psi., Psikolog, psikolog klinis dewasa, kepada NOVA.

Efek dari rasa bahagia itu, Anda dan pasangan akan merasa puas dengan hubungan yang dimiliki dan membuat hubungan lebih intim. Tak Harus Penetrasi Aktivitas cuddling tidak selalu berujung pada aktivitas seksual. Inti dari cuddling ini adalah membentuk sebuah keintiman fisik yang erat.

Sehingga, cuddling bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja termasuk saat menonton film favorit bareng pasangan. “Cudding ini bisa berpelukan, senderan berpelukan satu sama lain, saling mengelus, merangkul, pokoknya aktivitas yang akhirnya memberikan kenyamanan,” jelas Keumala.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI