Tampilkan di aplikasi

5 cara hindari kredit macet, karena utang tak bisa lunas dengan sendirinya

Tabloid NOVA - Edisi 1812
11 November 2022

Tabloid NOVA - Edisi 1812

Usahakan jangan sampai macet. Tapi kalau terlanjur, kita bisa, lho, membicarakannya baik-baik dengan pihak pinjol. Bagaimana caranya?

NOVA
Namanya juga musibah, siapa yang mengira akan terjadi. Di tengah- tengah proses melunasi pinjaman online (pinjol), eh terjadi resesi. Lebih buruk lagi kalau Anda sampai kehilangan sumber utama penghasilan, lantaran terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Kalau sudah begini pusing tujuh keliling deh, memikirkan sisa cicilan utang yang belum lunas.

Utang tetaplah utang dan harus dibayar, tak peduli bagaimanapun kondisi yang tengah Anda hadapi. Jangan tunggu sampai macet, berikut ini Tommy Hilman, CFP., Financial Planner Finante.id memberikan tipsnya untuk Sahabat NOVA.

1. Cek Kesehatan Keuangan

Selalu cek kondisi kesehatan keuangan pribadi, setidaknya 4 kali dalam satu tahun. Ini dapat membantu Anda mengambil keputusan yang tepat dalam keuangan, termasuk saat melunasi utang. “Secara berkala pantau dan evaluasi kondisi kesehatan keuangan kita, karena bagaimana kita tahu harus mengurangi, berhemat, atau menambah pemasukan kalau kita tidak tahu kondisi keuangan kita,” jelas Tommy. Dalam melakukan financial checkup atau cek kesehatan finansial, Anda membutuhkan data yang lengkap terkait dengan keuangan. Di antaranya, jumlah pendapatan dan aset, tujuan keuangan, utang, dan juga besaran pengeluaran setiap bulannya.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI