Tampilkan di aplikasi

Masih kecil, kok, idolanya orang dewasa?

Tabloid NOVA - Edisi 1814
25 November 2022

Tabloid NOVA - Edisi 1814

Bukan hal aneh bila si kecil punya idola. Tapi bagaimana bila idolanya adalah orang dewasa?

NOVA
Jika zaman dulu anak-anak mengidolakan tokoh digital ini figurnya bisa semakin beragam. superhero atau tokoh kartun, di era Sebut saja ada YouTuber, gamer, artis K-pop, dan masih banyak lagi sosok yang bisa menjadi idola. Ratih Zulhaqqi, S.Psi, M.Psi, psikolog anak mengatakan, “Biasanya anak-anak mulai punya seseorang yang dia suka itu ketika memasuki usia pubertas. Kadang-kadang kalau masih kecil itu bukan idola, baru sesuatu yang dia lihat dan menurut dia bagus, dan biasanya belum menetap banget.”

Secara psikologis, anak mulai bisa membedakan mana yang dia suka, mana yang lebih dia suka, mana sangat suka. Artinya saat itu si kecil mulai memiliki preferensi, dan tentunya setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda. Jangan lupa juga terkait ketertarikan yang dimiliki anak ini, lingkungan sangatlah berperan, termasuk juga Anda sebagai orang tua.

Misal, ketika anak perempuan Anda sangat menyukai princess, bisa jadi hal itulah yang dipaparkan lingkungan terhadap dirinya, sampai akhirnya ia mengidolakan princess. Nah, bagaimana saat kita mengetahui anak kita mengidolakan tokoh yang sudah dewasa?
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI