Tampilkan di aplikasi

Koperasi Agro Niaga Jabung

Majalah Peluang - Edisi 96
23 Maret 2018

Majalah Peluang - Edisi 96

Menanam investasi sebesar Rp23 miliar untuk pembangunan pabrik pakan ternak berkapasitas 200 ton per hari, Koperasi Agro Niaga Jabung, Malang, Jawa Timur, membidik target pengembangan jaringan bisnis antarsesama pelaku koperasi .

Peluang
Koperasi Agro Niaga Jabung OPERASI Agro Niaga di Kecamatan Jabung, Malang Jawa Timur, hanya satu contoh dari kegigihan koperasi mengubah stigma buruk. Awalnya adalah KUD Jabung, yang berdiri pada 27 Mei 1979, dengan usaha andalan sarana produksi pertanian dan pengadaan pangan. Lima tahun berselang, pada 1984, KUD ini bangkrut dan didera krisis kepercayaan akibat salau urus manajemen.

Memasuki era reformasi, KUD ini mengubah namanya menjadi Koperasi Agro Niaga atau dikenal KAN Jabung. Perubahan identitas itu turut mengubah haluan bisnisnya dari perkreditan dan perdagangan menjadi usaha sapi perah. Usaha KAN Jabung tumbuh pesat dalam perjalanannya.

Jumlah sapi awal yang semula 460 ekor, kini setelah menggandeng anggota sebagai mitra kerja, jumlah sapi meningkat 10.500 ekor. Sampai tahun 2016 asetnya sudah Rp104 miliar dengan volume usaha Rp244 miliar. Anggota aktifnya tercatat lebih dari 2.400 orang, tersebar tidak hanya di Kecamatan Jabung, tapi juga merambah ke Kecamatan Pakis dan Tumpang.

Kendati bisnis intinya peternakan sapi perah, KAN Jabung juga menjalankan bisnis pendukung lain. Sedikitnya ada delapan lini usaha yang mencakup bisnis pengolahan limbah yang diubah menjadi biogas, bengkel dan angkutan, sarana produksi pertanian (saprotan) yang menyediakan puput, bibit, dan obat-obatan bagi petani, hingga bisnis tebu rakyat.

Menurut Ketua I KAN Jabung, Ali Suhadi, semua pengembangan bisnis itu terkait dengan upaya meningkatkan Menanam investasi sebesar Rp23 miliar untuk pembangunan pabrik pakan ternak berkapasitas 200 ton per hari, Koperasi Agro Niaga Jabung, Malang, Jawa Timur, membidik target pengembangan jaringan bisnis antarsesama pelaku koperasi .
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI