Tampilkan di aplikasi

Uji kelayakan ide bisnis

Majalah Peluang - Edisi 96
23 Maret 2018

Majalah Peluang - Edisi 96

Kedengarannya sepele, tapi sungguh-sungguh tidak mudah mengamalkan konsep “mengerti pelanggan”. Ini persoalan riil bisnis dan paling mendasar. Main asumsi akibatnya fatal.

Peluang
Salah satu perjuangan terberat yang harus dihadapi oleh pemilik usaha ialah menemukan dan memastikan jenis usaha. Terdapat lima cara yang harus selalu perlu diingat saat mempertimbangkan ide bisnis. Tiap entrepreneur memiliki konsep mereka sendiri tentang apa itu usaha yang tanpa cela. Simak lima pilar berikut.

1. Mengerti pelanggan Anda. “Bagaimana Anda tahu pelanggan anda sebelum Anda memiliki gagasan yang nyata?”. Jawabannya sederhana. Jika Anda memiliki gagasan bisnis, jangan coba berpikir bahwa pelanggan potensial akan menyukai atau membutuhkannya. Temukan apa yang pelanggan anda sebenarnya hendaki. Banyak kasus, pemilik usaha langsung terjun dengan gagasan sederhana, tanpa pikir panjang.

Mereka segera mengetahui bahwa pasar target mereka tidak menghendaki apa yang ditawarkan. Mengetahui apa yang pelanggan potensial butuhkan dan membangun produk untuk memenuhi kebutuhan tersebut; itulah ide bisnis yang sempurna.

2. Gairah. Maksudnya, anda memiliki minat pada apa yang anda lakukan. Anda akan dengan senang menghabiskan waktu 15-18 jam sehari pada saat permulaan— biasanya untuk 12 hingga 18 bulan pertama (terlebih di tengah kondisi ekonomi megap-megap seperti 2-3 tahun terakhir).

Anda harus terus menerus berpikir tentang cara-cara untuk meningkatkan dan menumbuhkan bisnis anda. Jika memulai sebuah usaha yang tidak minati, akan sangat sulit untuk mencurahkan waktu dan energi untuk berhasil.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI