Tampilkan di aplikasi

Eksotisme terpendam di bumi Parahyangan

Majalah Peluang - Edisi 83
26 Maret 2018

Majalah Peluang - Edisi 83

Bumi Pasundan lahir saat Tuhan sedang tersenyum”.

Peluang
Pilar-pilar keelokan alam Jawa Barat tak berhenti di Kebun Raya Bogor. Atau Taman Safari, Taman Wisata Mekarsari, Taman Bunga Nusantara. Atau Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Pangrango. Atau Gedung Sate dan Pelabuhan Ratu. Tempattempat tersebut memeng kadung populer sebagai destinasi wisata.

Sejatinya, Bumi Parahyangan masih pnya sejumlah stok. Belum terangkat ke permukaan. Masih tersembunyi dalam keperawanan dan keunggulan khasnya. Disebut parahyangan atau “tempat tinggal para dewa” karena bentang alamnya yang begitu indah dan unik.

Provinsi ini berbatasan langsung dengan DKI Jakarta dan banten. Jarak tempuhnya tidak terlalu jauh dari Jakarta atau Bandung. Seperti Sumatera Barat, Jawa Barat memiliki banyak sekali fragmen alam yang amat sayang jika luput dari kunjungan. Berikut sejumlah tempat wisata alamnya yang masih tersembunyi dan belum populer disebut.

Cukang Taneuh, Green Canyon Pangandaran. Sebutan Green Canyon dipopulerkan oleh wisatawan asal Prancis. Ngarai bernama Cukang Taneuh (yang artinya Jembatan Tanah) ini mengingatkan akan Grand Canyons di Arizona. Hanya saja, yang ini berwarna hijau.

Petualangan menyusuri aliran sungai berkelok di antara tebing hijau ini bisa dimulai setelah pelampung di badan Anda terpasang rapi. Aneka tumbuhan hijau menghiasi dinding-dinding batu di kiri kanan, yang terpahat secara alami sejak bertahun-tahun lalu. Di ujung perjalanan, Anda dapat turun dari perahu dan memanjat ke tumpukan batu-batu besar.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI