Tampilkan di aplikasi

LPDB anggarkan Rp1,5 triliun biayai 120 ribu UMKM

Majalah Peluang - Edisi 83
26 Maret 2018

Majalah Peluang - Edisi 83

Penambahan pagu pembiayaan dana bergulir Rp 500 miliar menunjukkan sinyal positif terhadap kinerja LPDB-KUMKM.

Peluang
Penambahan pagu pembiayaan dana bergulir Rp 500 miliar menunjukkan sinyal positif terhadap kinerja LPDB-KUMKM. Total penyaluran tahun ini sebesar Rp 1,5 triliun untuk 120.292 usaha mikro kecil dan menengah.

Selain mengumumkan kenaikan pagu pembiayaan dana bergulir, Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) juga menurunkan tingkat suku bunga sebesar satu persen. Dengan demikian tingkat bunga untuk Koperasi Simpan Pinjam (KSP) dari semula 8 persen menjadi tujuh persen, Sedangkan untuk skim sektor riil tidak mengalami perubahan, 4,5 persen per tahun.

Tidak sekadar menurunkan tingkat suku bunga, lembaga ini juga akan mengawasi penyaluran dana bergulir yang tidak memberatkan bagi end user, yakni Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pengawasan tersebut antara lain dengan membatasi besaran suku bunga dari Koperasi kepada para anggotanya sebesar 18% per tahun atau 9,19% per tahun (flat) atau sekitar 0,77% per bulan.

“Dana bergulir merupakan program stimulus yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan UMKM sehingga sasaran menciptakan lapangan kerja dan menurunkan angka kemiskinan dapat tercapai,” kata Dirut LPDB Kemas Danial saat menggelar Konferensi Pers awal tahun, Senin (9/1) di Jakarta. Tahun 2016, realisasi penyaluran dana bergulir sebesar Rp1,2 triliun yang disalurkan kepada 148.251 UMKM, melalui 175 mitra.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI