Tampilkan di aplikasi

Ikan sidat, peluang investasi perikanan di Sumbar

Majalah Peluang - Edisi 87
26 Maret 2018

Majalah Peluang - Edisi 87

Ikan sidat atau ikan panjang adalah salah satu jenis ikan yang laku di pasar internasional seperti Jepang, Hongkong, Belanda, Jerman, Italia, dan beberapa negara lainnya. Ikan yang bisa hidup di air asin maupun air tawar ini banyak benihnya di perairan Sumatera Barat (Sumbar).

Peluang
Ikan sidat atau ikan panjang adalah salah satu jenis ikan yang laku di pasar internasional seperti Jepang, Hongkong, Belanda, Jerman, Italia, dan beberapa negara lainnya. Ikan yang bisa hidup di air asin maupun air tawar ini banyak benihnya di perairan Sumatera Barat (Sumbar). Potensi pengembangannya cukup besar, apalagi mengingat potensi ikan sidat masih terbilang baru dilirik di Sumbar.

“Kita akan coba kembangkan di Sumbar. Ikan sidat ini besar potensinya,” ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Yosmeri, pada PELUANG. Kendati masih terbilang baru dalam melakukan budidaya ikan sidat, namun Yosmesri optimistis Ikan Sidat Peluang Investasi Perikanan Di Sumbar investasi ikan sidat di Sumbar sangat prospektif.

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Desniarti, mengatakan benih ikan sidat banyak terdapat di perairan Kabupaten Kepulauan Mentawai. “Balai kita tengah menguji coba pengembangan benih ikan ini. Setelah berhasil di UPTD, kita perkenalkan pada masyarakat.

Kita yakin prospeknya sangat bagus, apalagi teknik budidayanya tidak sulit. Ke depan, ikan sidat akan jadi satu komoditas budidaya dan ekspor dari Sumbar,” ujar Desniarti. Untuk potensi secara nasional, ikan sidat termasuk yang terbesar di dunia, namun belum dimanfaatkan secara optimal. Tak hanya daya jual tinggi, ikan yang punya delapan bulan masa panen ini juga sangat bergizi untuk dikonsumsi.

Hati ikan sidat memiliki 15.000 IU/100 gram kandungan vitamin A. Lebih tinggi dari kandungan vitamin A mentega yang hanya mencapai 1.900 IU/100 gram. Bahkan kandungan DHA ikan sidat 1.337 mg/100 gram mengalahkan ikan salmon. Indonesia sedikitnya memiliki enam jenis ikan sidat yakni: Anguilla mormorata, Anguilla celebensis, Anguilla ancentralis, Anguilla borneensis, Anguilla bicolor bicolor dan Anguilla bicolor pacifica.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI