Tampilkan di aplikasi

Sensasi pilot via remot control

Majalah Peluang - Edisi 87
26 Maret 2018

Majalah Peluang - Edisi 87

Aeromodeling itu mainan fantasi anak laki yang diwujudkan saat ia dewasa. Itung-itung balas dendam pada masa lalu. Lagian, biaya olah raga dirgantara ini puluhan bahkan ratusan juta.

Peluang
Tampak sekali kegiatan ini mengasyikkan. memanfaatkan sarana miniatur (model) pesawat terbang. Bisa helikopter, pesawat tempur, atau pesawat niaga. Aeromodelling (aeromodeling) setidaknya bertujuan rekreasi, edukasi dan olahraga. Aktivitas ini umumnya digemari para peminat iptek.

Baik secara perorangan maupun berkelompok. Misalnya, Pramuka melalui kegiatan Satuan Karya (Saka) Dirgantara, Karang Taruna, UKM (Unit kegiatan Mahasiswa) di kampus-kampus. Meski perlu biaya besar, perkumpulan olahraga kedirgantaraan aeromodeling tersebar di banyak kota.

Mulai dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Malang. Grup sejenis, selain yang disebutkan di atas, juga terdapat di kota-kota: Kediri, Tulungagung, Jember, dan wilayah Kepri. Di laman Facebook, komunitas dengan nama Group KAI (Komunitas Aeromodelling Indonesia) kini tercatat 8.431 anggota. Tentu saja tak semuanya aeromodeller.

Peminat aeromodeling secara alami terbagi dalam tiga kategori. Yakni, kategori sekadar bersenang-senang (fun); aeromodeling sebagai sarana menimba dan memperdalam ilmu pengetahuan; dan aeromodeling sebagai sarana pencapaian prestasi olahraga kedirgantaraan. Dua kategori yang disebut terakhir saling berhubungan erat dan konsisten dalam menjalankan kegiatan ini.

Kegiatan aeromodeling tidak semata-mata mempersiapkan remaja untuk berprofesi dalam dunia penerbangan. Dua manfaat sosial bisa dipetik dari sini. Yaitu melatih ketekunan, kesabaran, ketelitian dan menikmati keindahan; di samping mendapatkan nilai tambah/bekal untuk berkarier di dalam dunia penerbangan.

Pesawat terbang model yang digunakan dapat digolongkan dalam tiga kelompok. Yakni pesawat Free Flight (F/F) terbang tanpa kontrol eksternal dari tanah; jenis model pra-tanggal berawak penerbangan; dan pesawat Control Line (C/L) menggunakan kontrol kabel (biasanya dua) terkemuka dari sayap yang satu ke controller.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI