Tampilkan di aplikasi

Fati Hendrayani SP, pacu diversifikasi usaha

Majalah Peluang - Edisi 91
27 Maret 2018

Majalah Peluang - Edisi 91

Pembangunan gudang arsip, pembuatan seragam, dan pembangunan rumah untuk anggota merupakan agenda bisnis baru dari Koperasi Astra.

Peluang
KOPERASI Astra International (KAI) merupakan salah satu koperasi dengan tata kelola terbaik sehingga usahanya terus bertumbuh. Meski bernaung di bawah grup usaha terbesar yaitu PT Astra International, tidak menjadikan koperasi ini manja dengan menggantungkan usahanya dari sang induk. Sikap mandiri ini berdampak pada tingginya kreativitas pengelola untuk mencari sumber usaha baru.

Fati Hendrayani, Bendahara KAI mengatakan pihaknya selalu berorientasi pada peningkatan kinerja demi meningkatkan kesejahteraan anggota. “Kami terus berusaha mencari bisnis-bisnis baru diluar simpan pinjam atau yang sekarang sudah ada,” ungkap Fati. Salah satu perluasan lahan usaha yang dilakukan adalah rencana membangun gudang arsip.

Nantinya, gudang arsip ini akan disewakan untuk perusahaan lain, baik dari grup Astra maupun perusahaan lain. Selain menyiapkan gudang arsip, Pengurus juga tengah menjajaki pembangunan rumah terjangkau untuk anggota. Saat ini sedang tahap mencari lahan dengan harga kompetitif. Jika sudah menemukan lahan yang cocok maka KAI siap mengeksekusi program rumah terjangkau untuk anggota tersebut.

Fati menambahkan, KAI juga sedang menjajaki bisnis baru yaitu pembuatan seragam untuk perkantoran. Bisnis ini dipandang cukup prospektif karena adanya permintaan pasar yang cukup besar. “Sepanjang ada kesempatan dan peluang yang bagus kita pasti akan masuki bisnis baru tersebut,” ujar Fati.

Sejalan dengan perkembangan usaha dan perluasan bisnis yang dilakukan KAI tidak lupa menjalankan tanggung jawab sosial. Salah satu bentuknya adalah pemberian bantuan beasiswa kepada anak anggota yang berprestasi. Tahun ini merupakan yang ke-17 kalinya KAI memberikan beasiswa. Nilai bantuan sebesar Rp6,4 miliar untuk 4.000 orang siswa.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI