Tampilkan di aplikasi

Sumbar songsong penas KTNA XVI 2020

Majalah Peluang - Edisi 98
7 Mei 2018

Majalah Peluang - Edisi 98

Kendati masih akan berlangsung pada tahun 2020, persiapan Sumatera Barat (Sumbar) menyongsong Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) XVI sudah mulai terlihat sibuk.

Peluang
JULUKAN Indonesia sebagai negara agraris dalam beberapa tahun belakangan ini terasa hambar dengan merebaknya impor berbagai komoditas pertanian. Sebut saja impor pangan utama, beras, yang terus mengalir, seolah tidak ada lahan di nusantara yang luas ini untuk menanam padi. Seperti yang disinyalir oleh Kadin Indonesia, ketimpangan sektor pertanian, termasuk peternakan dan perikanan itu tidak hanya menyangkut ketiadaan lahan, juga pembiayaan dan pasar serta kemampuan dan keterampilan SDM.

Upaya meningkatkan kembali posisi tawar sektor pertanian itu, salah satunya dengan menggelar secara rutin Pekan Nasional Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA). Ajang empat tahunan ini, berikutnya akan digelar di Sumbar pada 2020. Bagi pemrov Sumbar, gelar KTNA ke XVI ini tak sekadar ajang seremoni para petani dan nelayan, tetapi sekaligus ajang untuk membangkitkan kembali era kejayaan pertanian di Sumbar.

Sejumlah kegiatan menuju puncak acara terus diadakan, di antaranya Rembug Madya KTNA Nasional 2018 di Kota Padang, 20-22 Maret lalu. Pada kesempatan itu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menegaskan keseriusan untuk menyukseskan Penas KTNA XVI 2020. “Kami sudah siapkan sarana dan prasarana untuk menampung sekitar 50,000 peserta yang akan datang ke Sumbar,” ujarnya.

Kegiatan yang sekaligus ajang promosi Sumbar tersebut, akan berlokasi di Aia Pacah By Pass, berdekatan dengan kantor Wali Kota Padang. Lokasi tersebut tahun ini mulai ditata apik, dengan beragam penghijauan. “Kegiatannya hanya satu pekan, namun kawasan ini nantinya bisa terus digarap menjadi kawasan agrowisata,” sambung Irwan lagi.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI