Tampilkan di aplikasi

Dingin walafiat di danau Lut Tawar

Majalah Peluang - Edisi 117
5 Desember 2019

Majalah Peluang - Edisi 117

Danau Lut Tawar

Peluang
Tak banyak destinasi wisata menarik di Provinsi Aceh. Tapi Danau Lut Tawar di Takengon, Kab Aceh Tengah, menjanjikan nilai tambah. Anda serasa bergerak perlahan di tengah hutan, gunung dan jurang nan asri alami sepanjang perjalanan. Khas Sumatera. Tenang airnya.

Tanpa riak. Warnanya biru, bagai permadani. Danau Lut namanya. Terhampar seakan pekarangan jauh Kota Takengon. Jika anda melintas di atasnya menggunakan heli atau pesawat, pemandangannya seperti sisa-sisa air laut yang terjebak di daratan ribuan tahun silam, setelah dilanda badai besar.

Tak jauh di sekelilingnya terpancang kokoh barisan bukit nan perkasa. Tujuan favorit berlibur ini memang ikon wisata Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Meluncur di permukaan Danau Lut Tawar bisa asyik dengan perahu motor.

Sama asyiknya dengan kegiatan bersepeda (tersedia rental di sekitar danau) atau memancing, selain trekking. Fasilitas untuk bermain ski dan berperahu tersedia di beberapa tempat. Kebanyakan wisatawan lebih suka menghabiskan waktunya untuk memancing. Jika anda perlu mandi air panas, tempatnya di Krueng Peusangan atau di Simpang Balek, 30 menit sebelum Takengon.

Danau seluas 5.472 ha ini berada di Dataran Tinggi Gayo (1.100 m dpl). Suku asli Gayo menamainya Danau Lut Tawar. Artinya danau air laut tawar. Terbentang luas sepanjang 17 km lebih, danau ini jadi menyerupai lautan. Empat buah gua tua di sekelilingnya menambah eksotis aroma danau.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI