Tampilkan di aplikasi

Indonesia surganya bisnis e-commerce

Majalah Peluang - Edisi 117
5 Desember 2019

Majalah Peluang - Edisi 117

Transaksi senilai ratusan triliun dibukukan oleh perusahaan-perusahaan perdagangan elektronik lokal dan asing setiap tahun. Ini menandakan tingginya permintaan pasar domestik terhadap perdagangan digital.

Peluang
10 tahun silam, perdagangan elektronik (e-commerce) di Tanah Air masih dipandang sebelah mata. Namun sejalan dengan perkembangan digitalisasi, kini pertumbuhannya terbilang eksponensial. Dengan jumlah penduduk yang mencapai 265 juta jiwa dan didukung daya beli yang terjaga, Indonesia benar-benar menjadi pasar yang menggiurkan.

Tidak saja bagi startup e-commerce lokal, tetapi juga pemain global. Seperti yang ditunjukkan Shopee, e-commerce asal Singapura. Pada tahun lalu, pasar Indonesia berkontribusi sebesar 40% terhadap total volume transaksi atau gross merchandise value (GMV) Shopee global senilai USD10,2 miliar. Artinya konsumen Indonesia menyumbang USD4 miliar atau sekitar Rp56 triliun terhadap total omzet Shopee.

Pada tahun ini, diperkirakan GMV akan lebih tinggi dibanding tahun lalu. Ini terlihat sampai pertengahan tahun, GMV Shopee menyentuh angka USD7,3 miliar, tumbuh 78,05% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar USD 4,1 miliar. Besarnya kontribusi pasar domestik juga terlihat dari masuknya 2 perusahaan e-commerce lokal dalam jajaran unicorn. Hasil riset dari Hurun Research Institute menempatkan Tokopedia dan Bukalapak sebagai startup unicorn (valuasi USD1 miliar). Selain 2 perusahaan tersebut ada pula OVO dan Traveloka. Sedangkan Gojek masuk dalam decacorn (valuasi USD10 miliar).

Sekadar informasi, valuasi merupakan nilai ekonomi dari sebuah bisnis. Artinya, jika sebuah perusahaan mempunyai valuasi Rp14 triliun, maka siapa pun yang ingin mengakuisisi penuh perusahaan tersebut harus mempersiapkan uang minimal Rp14 triliun. Angka valuasi ini biasanya juga dijadikan acuan untuk mengukur seberapa besar potensi bisnis sebuah perusahaan.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI