Tampilkan di aplikasi

Foto sebagai konten visual branding

Majalah Print Media - Edisi 94
11 Mei 2020

Majalah Print Media - Edisi 94

Fotografi

Print Media
Elemen-elemen penting Visual Branding biasanya adalah; merek atau logo yang berbentuk visual (gambar dan teks), warna khas produk/korporat, dan komposisi semua elemen penyusunnya. Ketiga hal tersebut diimplementasikan menjadi brand identity perusahaan/ produk kemudian dikomunikasikan melalui media. Elemen visual branding tersebut juga mengalami perkembangan seiring perkembangan media dan teknologi. Media fotografi mempunyai keunggulan khusus untuk bisa digunakan sebagai pendongkrak persepsi konsumen dan pada akhirnya mendongkrak omzet penjualan.

Kelebihan media foto Menurut Dale’s Cone of Experience, media visual memiliki tingkat keefektifan yang lebih tinggi dibandingkan sekedar membaca tulisan. Orang-orang akan mengingat sebanyak 30% dari apa yang mereka lihat, sedangkan mereka hanya mengingat 10% dari apa yang mereka baca). Media visual tersebut salah satunya adalah fotografi. Berikut kelebihan-kelebihan media foto:

1. Lebih Jelas dan Realistik, karena foto merupakan penggambaran nyata dari suatu obyek atau peristiwa. Berbeda dengan media ilustrasi/sketsa yang merupakan upaya penggambaran kembali dari suatu obyek, media foto menampilkan tampilan suatu obyek dengan sebenarnya dan apa adanya. Sehingga media Foto bisa dikatakan media yang bisa dipercaya, bahkan bisa digunakan sebagai bukti di sengketa/ pengadilan.

2. Mengatasi Keterbatasan Ruang dan Waktu, misalnya menampilkan obyek/peristiwa yang terjadi di suatu tempat pada satu waktu tertentu. Melalui media foto, kita bisa menyaksikan kembali suatu kejadian/obyek yang berada dimanapun dan terjadi kapanpun (tentunya dalam waktu yang lampau).

3. Mengatasi Keterbatasan Penglihatan Manusia, misalnya benda tak kasat mata, terlalu kecil, terlalu cepat, terlalu jauh, dsb. Dengan fotografi benda-benda atau makhluk hidup tersebut bisa direkam nyata.
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI