Tampilkan di aplikasi

Waspada, uang kertas bisa sebarkan virus corona

Majalah Print Media - Edisi 94
11 Mei 2020

Majalah Print Media - Edisi 94

Jumlah pasien yang positif terinfeksi virus corona baru atau COVID-19 di Indonesia semakin meningkat setiap harinya

Print Media
Jumlah pasien yang positif terinfeksi virus corona baru atau COVID-19 di Indonesia semakin meningkat setiap harinya, hingga hari ini per tanggal 11 April 2020 total yang terkapar virus tersebut berjumlah 3842 orang.

Akibatnya, kini banyak orang menjadi semakin waspada mengenai pandemi virus corona yang tengah melanda. Salah satu yang menjadi kekhawatiran penularan virus corona, yaitu melalui media produk cetak yakni uang kertas yang berpindah tangan saat transaksi berlangsung.

Lantas, apakah uang kertas bisa menyebarkan virus corona? Sebenarnya tidak hanya uang jenis benda apa pun, namun karena media ini tentang printing maka kita khusus membicarakan uang kertas, selain kerena uang ini alat tukar yang umum digunakan juga dapat berpindah dari satu tangan ke banyak tangan lainnya setiap saat.

Tak heran bila uang menjadi salah satu benda yang paling sering disentuh oleh orang banyak. Pasalnya, uang bisa mengangkut virus, bakteri, dan kuman yang berpindah tangan dari satu orang ke orang lainnya serta membuatnya dapat hidup lebih lama.Namun, yang menjadi pertanyaan, apakah benar uang kertas bisa menyebarkan virus corona? Peluang penyebaran virus corona baru atau COVID-19 pada permukaan benda, termasuk uang kertas, sebenarnya tergolong rendah.

Ini berarti kecil kemungkinan uang kertas bisa menyebarkan virus corona. Terlebih belum ada hasil penelitian akurat yang dapat menyebutkan bahwa virus corona COVID-19 dapat menyebar melalui uang kertas.

Sebagian besar penyebaran virus corona umumnya berasal dari cairan tubuh seorang penderita yang terinfeksi, seperti percikan air liur yang keluar dari hidung dan mulut saat bersin, batuk, atau mengeluarkan napas.

Percikan air liur tersebut juga dapat jatuh pada permukaan benda di sekitar Anda, termasuk uang kertas. Namun, mengingat virus corona COVID-19 masih sangat baru sehingga belum banyak hasil penelitian yang akurat mengenai berapa lama ia dapat bertahan pada permukaan beragam benda seperti uang kertas.
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI