Tampilkan di aplikasi

Bisnis grafika ditengah krisis

Majalah Print Media - Edisi 96
7 September 2020

Majalah Print Media - Edisi 96

Pengajar di Politeknik Negeri Media Kreatif dan Sekolah Tinggi Media Komunikasi Trisak / Foto : Soebardianto

Print Media
Pengertian bisnis dalam segala aspek pada umumnya sama, yaitu mengusahakan agar bidang yang menjadi wilayah bisnis memperoleh simpati pelanggan, yang seterusnya pelanggan akan mendapatkan kepuasan dari suatu barang yang dipakai atau yang dikonsumsi. Kepuasan ini bisa berarti kepuasan secara langsung setelah mengkonsumsi atau menggunakan, namun ada juga kepuasan tidak langsung (misalnya bisnis bidang jasa).

Dalam bisnis di bidang grafika yang sebagian usahanya bersifat jasa (bahkan ada yang mengatakan sebagai job order artinya bahwa industri grafika itu memproduksi berdasarkan pesanan dan si pemesan memberikan kompensasi/ membayar atas jasa perusahaan itu dalam mengolah bahan mentah berbentuk naskah atau model menjadi barang jadi yaitu media cetak/barang cetak sesuai pesanan).

Perusahaan yang memproduksi berdasarkan pesanan ini, maka berbagai aspek teknis harus disesuaikan dengan spesifikasi jenis ordernya, misalnya: jenis teknologi cetak, jenis teknik produksi, alat produksi, bahan produksi, proses produksi, bahkan jadwal produksi.

Dengan adanya kondisi demikian, maka tidak jarang perusahaan grafika di tanah air ini seberapapun besarnya, masih memerlukan perusahaan lain yang mungkin memiliki teknik produksi dan alat produksi yang berbeda.

Penyesuaian aspek-aspek produksi tersebut agar mampu menghasilkan produk yang sesuai dengan kesepakatan antara produsen dan konsumen, baik dalam ketepatan waktu produksi, mutu produk dan bahkan mungkin nilai atau harga dari order tersebut.

Belakangan terlihat bahwa pengusaha grafika yang sudah tergolong besar dan mapan, cenderung untuk menyusun kekuatan dan strategi untuk menghadapi persaingan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Langkah yang ditempuh dengan cara melakukan transformasi dari perusahaan regional menjadi perusahaan global, sedangkan dari sisi kompetitor yang mandiri menjadi kompetitor yang agresif.
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI