Tampilkan di aplikasi

Teknologi ISO tinggi fotografi

Majalah Print Media - Edisi 103
8 November 2021

Majalah Print Media - Edisi 103

Sebelum teknologi digital, satuan ISO juga sering disebut ASA (American Standart Association) sudah digunakan pada media film, yaitu antara ISO 100, 200 dan 400. Sehingga setingan memilih ISO tidak bisa diubah-ubah karena tingkat sensitivitasnya terletak pada film, dan kamera hanya menyesuaikan.

Print Media
Pengetahuan dasar fotografi yang sering dikenalkan adalah prinsip segitiga eksposure, dimana fotografer wajib memahami prinsip kerja Shutter Speed, Diafragma, dan ISO. Kali ini kita lebih detail membahas tentang ISO yang diartikan sebagai tingkat sensitivitas sensor pada kamera terhadap cahaya. ISO (International Organisation for Standardisation) adalah suatu ukuran yang menentukan tingkat kepekaan sensor kamera, yaitu CMOS/CCD terhadap cahaya yang ditangkap kamera. Sehingga semakin tinggi ukuran ISO sebuah kamera, maka tingkat sensitivitasnya terhadap cahaya akan semakin tinggi.

Mengatur ISO pada kamera untuk mendapatkan hasil terbaik saat memotret di segala kondisi, misalnya saat kondisi objek atau situasi yang minim cahaya maka setting kameran dengan ISO tinggi agar sensor lebih sensitif menangkap cahaya. Dalam penggunaan ISO kamera harus diketahui dampak yang dihasilkan ISO tinggi dan ISO rendah. Sehingga bisa mengatur settingan ISO pada kamera dengan benar dan mendapatkan hasil foto yang bagus. Dampak tersebut yaitu; apabila menggunakan ISO tinggi, maka sensor kamera menjadi semakin sensitif, foto yang dihasilkan semakin terang, tapi noise yang dihasilkan semakin kuat. Sebaliknya jika menggunakan ISO rendah, maka tingkat sensitif sensor kamera akan semakin rendah dan kualitas foto yang didapatkan semakin baik dan tajam.

Nilai ISO menentukan seberapa besar kemampuan sensor menangkap cahaya, tetapi apakah semudah itu menggunakan setingan ISO tinggi jika memotret dalam kondisi low light? Ada kendala saat penggunaan ISO yang terlalu tinggi, yaitu akan menimbulkan noise yang tinggi pada foto. Berdasarkan ilustrasi diatas, bisa dilihat bagaimana sebuah pertandingan pemakaian ISO tinggi terhadap noise pada hasil foto.
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI