Tampilkan di aplikasi

Buku Pustaka Rumah C1nta hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pengembangan Media dan Alat Peraga

Konsep & Aplikasi dalam Pembelajaran IPA

1 Pembaca
Rp 60.000 15%
Rp 51.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 153.000 13%
Rp 44.200 /orang
Rp 132.600

5 Pembaca
Rp 255.000 20%
Rp 40.800 /orang
Rp 204.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku yang berjudul "Pengembangan Media dan Alat Peraga IPA" ini bisa digunakan sebagai pendamping mata kuliah dan juga untuk memenuhi kebutuhan peserta didik yang ingin belajar di bidang Pengembangan Media dan Alat Peraga Ilmu Pengetahuan Alam serta keterampilan berpikir komputasi (computational thinking). Buku ini berisi materi mengenai penjelasan media dan alat peraga IPA, peran, fungsi, aspek kelayakan, hingga aplikasinya seperti pembuatan insektarium dan herbarium, pembuatan powerpoint interaktif, serta media digital Scratch.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Novi Ratna Dewi / Arka Yanitama / Prasetyo Listiaji

Penerbit: Pustaka Rumah C1nta
ISBN: 9786236140253
Terbit: Juni 2021 , 104 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Buku yang berjudul "Pengembangan Media dan Alat Peraga IPA" ini bisa digunakan sebagai pendamping mata kuliah dan juga untuk memenuhi kebutuhan peserta didik yang ingin belajar di bidang Pengembangan Media dan Alat Peraga Ilmu Pengetahuan Alam serta keterampilan berpikir komputasi (computational thinking). Buku ini berisi materi mengenai penjelasan media dan alat peraga IPA, peran, fungsi, aspek kelayakan, hingga aplikasinya seperti pembuatan insektarium dan herbarium, pembuatan powerpoint interaktif, serta media digital Scratch.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Alhamdulillah segala puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberi kesempatan kepada penulis untuk menyelesaikan buku yang berjudul Pengembangan Media dan Alat Peraga IPA.

Buku ini diharapkan bisa digunakan sebagai pendamping mata kuliah dan juga untuk memenuhi kebutuhan peserta didik yang ingin belajar di bidang Pengembangan Media dan Alat Peraga Ilmu Pengetahuan Alam serta keterampilan berpikir komputasi (computational thinking).

Buku ini berisi materi mengenai penjelasan media dan alat peraga IPA, peran, fungsi, aspek kelayakan, hingga aplikasinya seperti pembuatan insektarium dan herbarium, pembuatan powerpoint interaktif, serta media digital Scratch.

Besar harapan kami agar buku ini dapat bermanfaat bagi sesama.

Penulis

Novi Ratna Dewi - Novi Ratna Dewi, S.Si., M.Pd., graduated with a bachelor's degree at the Physics Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Semarang in 2005 and graduated with a master's degree at the Science Education Study Program, Postgraduate School, Universitas Negeri Semarang in 2007. She is currently pursuing his doctoral Program at Science Education Study Program, Postgraduate School, Universitas Negeri Semarang.

Since 2008 until now, she teaches as a lecturer in Science Education Study Program, Integrated Science Department, FMIPA UNNES. Her research interests are science education, methodology education, learning evaluation, metacognition and TPACK. The books that she has produced include Basic Science (2013), Formation of Conservation Characters Through Innovation and Science Learning Strategies (Book Chapter) (2018), and Be Creative in Designing Ethnoscience-Based Learning to Support Sustainable Development (2021).
Arka Yanitama - Arka Yanitama, S.Si., M.Si., obtained a Bachelor of Science degree at the Physics Study Program, Faculty of Mathematics and Science Natural Sciences, Universitas Negeri Semarang in 2013. Then he continued his Masters in the Computing Science study program, Graduate School, Institut Teknologi Bandung and graduated in 2016.

Since 2017 until now he has been active as a lecturer in the Science Education study program, Integrated Science Department, Universitas Negeri Semarang. As a young lecturer, he continues to learn to become a good educator and always develops himself. His research interest is science education, computing, and e-learning. He has also been editor of seminar proceedings and scientific journals several times. The book that he has written is Development of Media and Teaching Aids in 2021.
Prasetyo Listiaji - Prasetyo Listiaji, S.Pd., M.Sc., obtain a Bachelor of Education degree at the Undergraduate Physics Education Study Program, Faculty of Mathematics and Science Natural Sciences, Universitas Negeri Semarang in 2015, then continued to study Master of Science at Physics at master’s degree Program in Physics, Universitas Gadjah Mada in 2016- 2018.

In 2018, He taught as a Physics lecturer at the Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Then since 2019 until now, he teaches as a lecturer at Science Education Study Program, Integrated Science Department, Universitas Negeri Semarang. His research interests are optical spectroscopy, radiography, physics education, and the development of science learning media.

Currently, he tries to develop a Mobile Science Experiment for Integrated Science, by utilizing smartphone sensors and open-source applications. The book that he has written is Development of Media and Teaching Aids in 2021.

Daftar Isi

Sampul Depan
Halaman Sampul
Hak Cipta
Perpustakaan Nasional RI. Data Katalog dalam Terbitan (KDT)
Penerbit Pustaka Rumah C1nta
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1: Media Dan Alat Peraga IPA
     1.1. Pendahuluan
     1.2. Definisi Media
     1.3. Alat Peraga
     1.4. Alat Peraga IPA
     1.5. Soal-soal
Bab 2: Peran Media Dan  Alat Peraga Ipa
     2.1. Pendahuluan
     2.2. Aspek Kelayakan Alat Peraga IPA
     2.3. Klasifikasi Media dan Alat Peraga
     2.4. Soal-soal
Bab 3: Powerpoint Interaktif
     3.1. Pendahuluan
     3.2. Powerpoint sebagai Media Pembelajaran
     3.3. Powerpoint Interaktif
     3.4. Soal-Soal
Bab 4: Insektarium Dan Herbarium
     4.1. Pendahuluan
     4.2. Sejarah Insektarium
     4.3. Pembuatan Insektarium
     4.4. Sejarah Herbarium
     4.5. Pembuatan Herbarium
     4.6. Soal-Soal
Bab 5: Scratch
     5.1. Pendahuluan
     5.2. Instalasi Scratch
     5.3. Menjalankan Scratch
     5.4. Tutorial Scratch
     5.5. Soal-Soal
Bab 6: Computational Thinking
     6.1. Pendahuluan
     6.2. Elemen Computational Thinking
     6.3. Scratch untuk Pengembangan Computational Thinking
     6.4. Soal-soal
Bab 7: Proyek Sederhana Menggunakan Scratch
     7.1. Pendahuluan
     7.2. Digital Storytelling
     7.3. Games
     7.4. Simulasi
     7.5. Soal-Soal
Daftar Pustaka
Biografi Penulis
Sampul Belakang