Tampilkan di aplikasi

Buku Pustaka Rumah C1nta hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Inisiasi Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU)

Dalam Pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM)

1 Pembaca
Rp 70.000 15%
Rp 59.500
Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini membahas mengenai Inisiasi Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) sebagai upaya untuk mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM). Posbindu merupakan bentuk peran serta masyarakat dalam kegiatan deteksi dini, pemantauan, dan tindak lanjut dini faktor risiko PTM secara mandiri dan berkesinambungan. Posbindu bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dini masyarakat terhadap faktor risiko PTM melalui pemberdayaan dan peran serta masyarakat dalam deteksi dini, pemantauan faktor risiko PTM, dan tindak lanjut dini.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Suparmi / Ulfah Musdalifah / Titik Sapartinah

Penerbit: Pustaka Rumah C1nta
QRSBN: 9786234320848
Terbit: Januari 2023 , 76 Halaman










Ikhtisar

Buku ini membahas mengenai Inisiasi Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) sebagai upaya untuk mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM). Posbindu merupakan bentuk peran serta masyarakat dalam kegiatan deteksi dini, pemantauan, dan tindak lanjut dini faktor risiko PTM secara mandiri dan berkesinambungan. Posbindu bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dini masyarakat terhadap faktor risiko PTM melalui pemberdayaan dan peran serta masyarakat dalam deteksi dini, pemantauan faktor risiko PTM, dan tindak lanjut dini.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kepada Allah Swt. atas rahmat-Nya sehingga tersusunlah buku “Inisiasi Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) dalam Pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM)”.

Harapan kami dengan tersusunnya buku ini, dapat memberikan kontribusi besar dalam kegiatan Posbindu pencegahan penyakit tidak menular. Posbindu bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dini masyarakat terhadap faktor risiko PTM melalui pemberdayaan dan peran serta masyarakat dalam deteksi dini, pemantauan faktor risiko PTM, dan tindak lanjut dini.

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penyusunan buku ini dan tentunya kami mengharapkan kritik dan saran dalam menyempurnakan buku ini.

Penulis

Suparmi - Suparmi, S.Pd., S.Tr.Keb., M.Kes lahir di Boyolali 23 Maret 1964. Lulus SPK Depkes Kariadi pada 1984, pernah bekerja di Pelaksana Perawatan Bagian Bedah Anak dan Wanita dewasa RSUP dr. Kariadi Semarang pada 1984-987. Selanjutnya, menjadi Staf Pengajar SPK Departemen Kesehatan Semarang Prodi D-III Kebidanan Semarang, 2000-2007. Sekretaris Jurusan Kebidanan Poltekkes Depkes Semarang, tahun 2006-2008, Ketua Program Studi D-III Kebidanan Putwokerto, Poltekkes Kemenkes Semarang, pada 2008 sampai tahun 2018. Saat ini menjadi dosen di Jurusan Kebidanan dan tugas Tambahan sebagai Subunit Bimbingan dan Konseling. Pendidikan yang pernah ditempuh, Lulus AKPER Depkes Padjajaran Bandung pada 1990, lulus Sarjana Pendidikan Jurusan Psikologi Pendidikan di bidang Bimbingan Konseling dari IKIP PGRI Wates pada 1996, lulus Sarjana Terapan Perawat Anak di Fakultas Kedokteran UNDIP pada 1999, lulus D-III Kebidanan Poltekkes Semarang pada 2005, lulus Sarjana Terapan Kebidanan Poltekkes Semarang lulus pada 2017, lulus Magister Kesehatan MIKM UNDIP Kajian Kesehatan Reproduksi dan HIV-AIDS lulus pada 2010.
Ulfah Musdalifah - Ulfah Musdalifah, S.Kep.Ns., S.Tr.Keb., M.Kes adalah dosen di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Semarang. Lahir di Jepara, 10 Maret 1968. Beliau lulus Akper Muhammadiyah, di Semarang, pada 1991, lulus D-3 Kebidanan di Poltekkes Jakarta III, Jakarta, pada 2005, lulus Sarjana pada Fakultas Ilmu Keperawatan di Universitas Indonesia, Jakarta, pada 2002. Kemudian ia melanjutkan program pascasarjana pada Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat di Universitas Diponegoro, Semarang, pada 2013. Ia melanjutkan Pendidikan Sarjana Kebidanan di Prodi DIV Kebidanan, Poltekkes Kemenkes Semarang, pada 2017. Sejak 1992-1998, beliau juga mengajar di SPK Muhammadiyah Kudus. Pada 1998-2006, mengajar di Akper Depkes Blora. Pada 2006-2007, mengajar prodi D-III Kebidanan Semarang Poltekkes Kemenkes, Semarang. Pada 2007-2018, mengajar di Prodi D-III Kebidanan Purwokerto Poltekkes Kemenkes, Semarang. Pada September 2018 sampai sekarang, mengajar di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Semarang. Beliau aktif dalam berbagai penelitian dan pengabdian masyarakat. Hingga saat ini, sejumlah publikasi telah dihasilkan dari hasil penelitian dengan objek bidang kesehatan. Publikasi tersebut meliputi berbagai judul artikel ilmiah yang dipublikasi pada jurnal ilmiah internasional, nasional, serta beberapa HKI telah diperoleh.
Titik Sapartinah - Titik Sapartinah, S.SiT., M.Kes. Pendidikan yang pernah di tempuh mulai sekolah dasar dan menengah di Kurung dan Pedan Klaten. Pada 1984 masuk di SPK Kariadi Semarang, lanjut ke Akper Karya Husada Semarang, lulus pada 1990. Untuk memenuhi tugas sebagai pengajar di SPK Pemkab Kendal, beliau melanjutkan sekolah di PPB (B) Sutopo Surabaya, DIV Perawat Pendidik, UNDIP Semarang, PSIK STIKES Kendal, AKBID Poltekes Jakarta III serta pada 2011 menyelesaikan pendidikan pascasarjana di MIKM MKIA UNDIP Semarang. Profesi Ners di Poltekkes Kemenkes Semarang. Hingga saat ini, beliau masih aktif sebagai dosen pengajar di Poltekkes Kemenkes Semarang. Selama berkarier, beliau aktif dalam organisasi, jabatan yang pernah di emban adalah PD IBI Jawa Tengah periode 2013-2018.

Periode 2018-2023, Pengurus Forum Komunikasi Institusi Kebidanan Jawa Tengah, mulai periode 2012 sampai dengan sekarang. Serta sempat menduduki jabatan-jabatan penting di institusi tempat bekerja. Buku yang pernah di tulis beliau adalah “Kumpulan Soal Pengetahuan dalam Metode OSCA dan Kumpulan Soal Skill dalam Metode OSCA”. Beliau aktif dalam berbagai penelitian dan pengabdian masyarakat. Hingga saat ini, sejumlah publikasi telah dihasilkan dari hasil penelitian dengan objek bidang kesehatan. Publikasi tersebut meliputi berbagai judul artikel ilmiah yang dipublikasi pada jurnal ilmiah internasional, nasional, prosiding internasional, dan beberapa HKI telah beliau peroleh.

Daftar Isi

Sampul Depan
Halaman Sampul
Hak Cipta
Perpustakaan Nasional RI. Data Katalog dalam Terbitan (KDT)
Penerbit Pustaka Rumah C1nta
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I Posbindu
     A. Pengertian Posbindu
     B. Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular
     C. Pengendalian Faktor Risiko Berbasis Masyarakat (Posbindu PTM)
     D. Proses Kegiatan Posbindu dan Alur Tindak Lanjut & Rujukan Hasil Deteksi Dini di Posbindu PTM
     E. Pencatatan dan Pelaporan Posbindu PTM
Bab II Diabetes Melitus
     A. Pengertian Diabetes
     B. Komplikasi Diabetes Melitus
     C. Cara Mengelola Diabetes Melitus
Bab III Hipertensi
     A. Pengertian Hipertensi
     B. Gejala dan Tanda Hipertensi
     C. Komplikasi Hipertensi
     D. Pertolongan Pertama dan Pencegahan
Bab IV Jantung Koroner
     A. Pengertian Penyakit Jantung Koroner
     B. Tanda dan Gejala Penyakit Jantung Koroner
     C. Pertolongan Pertama dan Pencegahan Penyakit Jantung Koroner
Bab V Stroke
     A. Pengertian Stroke
     B. Gejala dan Tanda Stroke
     C. Pertolongan Pertama dan Pencegahan Stroke
Bab VI Kanker Leher Rahim
     A. Pengertian
     B. Penyebab
     C.  Faktor Risiko Kanker Leher Rahim
     D. Gejala dan Tanda Kanker Leher Rahim
     E.  Deteksi Dini Kanker Leher Rahim
Bab VII Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)
     A. Pengertian Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)
     B.  Gejala dan Tanda
     C.  Penyebab dan Risiko Komplikasi PPOK
Bab VIII Pencatatan dan Pelaporan
     A.  Posbindu PTM
     B. Puskesmas
     C. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota
     D.  Dinas Kesehatan Provinsi
     E. Kementerian Kesehatan (Pusat)
     F. Kartu Hasil Pengukuran Faktor Risiko PTM
     G. Kartu Periksa
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Sampul Belakang