Tampilkan di aplikasi

Buku Pustaka Rumah C1nta hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Model Edukasi Radioterapi

Berbasis Mobile Android pada Pasien yang Menjalani Terapi Radiasi Eksternal

1 Pembaca
Rp 70.000 15%
Rp 59.500

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 178.500 13%
Rp 51.567 /orang
Rp 154.700

5 Pembaca
Rp 297.500 20%
Rp 47.600 /orang
Rp 238.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini hadir untuk menjawab tantangan para dokter onkologi radiasi, radiotherapist, fisikawan medis, dan perawat dalam mengedukasi pasien untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku pasien dalam menjalani terapi radiasi eksternal. Penulis membahas mulai konsep dasar dan model edukasi berbasis android. Penulis juga menawarkan konsep dalam pengembangan sistem model android. Buku ini sangat cocok untuk para praktisi sebagai kerangka acuan bagi pekerja radiasi dalam melakukan pekerjaannya sehari-hari dalam mengedukasi pasien yang menjalani terapi radiasi eksternal di bidang radiasi, khususnya di bidang onkologi radiasi.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Donny Kristanto Mulyantoro / Ismil Banida Nuryaman / Darmini

Penerbit: Pustaka Rumah C1nta
QRSBN: 9786234320992
Terbit: Januari 2023 , 74 Halaman










Ikhtisar

Buku ini hadir untuk menjawab tantangan para dokter onkologi radiasi, radiotherapist, fisikawan medis, dan perawat dalam mengedukasi pasien untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku pasien dalam menjalani terapi radiasi eksternal. Penulis membahas mulai konsep dasar dan model edukasi berbasis android. Penulis juga menawarkan konsep dalam pengembangan sistem model android. Buku ini sangat cocok untuk para praktisi sebagai kerangka acuan bagi pekerja radiasi dalam melakukan pekerjaannya sehari-hari dalam mengedukasi pasien yang menjalani terapi radiasi eksternal di bidang radiasi, khususnya di bidang onkologi radiasi.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, bahwa penyusunan buku “Model Edukasi Radioterapi Berbasis Mobile Android pada Pasien yang Menjalani Terapi Radiasi Eksternal” dapat diselesaikan sebagai kajian bagi pekerja radiasi di Instalasi Onkologi Radiasi di dalam menjalankan salah tugas seorang pekerja radiasi untuk memberikan edukasi kepada pasien. Buku ini disusun untuk membantu memberikan edukasi kepada pasien, yang dilakukan oleh pekerja radiasi dalam bekerja, hal ini merupakan kegiatan preventif yang di dalamnya berupa promotif. Tantangan utama dalam mencegah terjadinya potensi efek samping, sehingga radioterapi dapat berjalan dengan lancar dan mengurangi dropout radioterapi. Buku ini berfungsi sebagai kerangka acuan bagi pekerja radiasi dalam melakukan pekerjaannya sehari-hari dalam mengedukasi pasien yang menjalani terapi radiasi eksternal. Penulis meyakini, bahwa apa yang tertulis dalam buku ini jauh dari kesempurnaan, oleh sebab itu saran dan kritik dari pembaca sangat penulis harapkan untuk perbaikan.

Penulis

Donny Kristanto Mulyantoro - Dr. Donny Kristanto Mulyantoro, SKM, M.Kes, Lahir di Purwokerto pada 5 April 1968. Pada 1986 menempuh pendidikan di Akademi Gizi Yogyakarta, Jenjang S-1 ditempuh tahun 1998 di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro pada Program Studi Epidemiologi dan Penyakit Tropis. Penulis melanjutkan pendidikan S-2 Epidemiologi Klinik, Ilmu Kedokteran Klinik, Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada pada 2004. Penulis meraih gelar Doktor pada 2013 dibidang Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia. Awal karier penulis dimulai saat bekerja di Kantor Departemen (Kandep) Kesehatan, Kabupaten Semarang. Selanjutnya Penulis melanjutkan karier sebagai Peneliti di Balai Litbang GAKI, Badan Litbang Kesehatan, Kementerian Kesehatan. Mulai 2022 penulis berkarier sebagai Peneliti di Pusat Riset Kesehatan Masyarakat dan Gizi, Organisasi Riset Kesehatan, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Saat ini Penulis juga mengajar di Program Pascasarjana Magister Terapan Kesehatan Poltekkes Semarang sebagai Dosen Manajemen Kasus dan Surveilans.
Ismil Banida Nuryaman - Ismil Banida Nuryaman, S.Tr.Rad, M.Tr.ID (RT). adalah radioteraphist pada Rumah sakit Hermina Bekasi dan dosen STIKES jurusan Teknologi Radiologi Pencitraan di Bekasi dan Medan. Lahir di Bekasi pada 27 Mei 1993. Ia lulus Sarjana terapan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi di Poltekkes Jakarta II pada 2015. Kemudian pada 2020, melanjutkan studi pada Jurusan Imaging Diagnostik di Program Magister Pascasarjana Poltekkes Semarang, dan lulus pada 2022. Sejak 2021, ia menjabat sebagai Kepala Radioterapi, Petugas Proteksi Radiasi, dan Petugas Keamanan Sumber Radioaktif di Rumah sakit Hermina Bekasi. Ia mulai memilih penelitian tentang edukasi radioterapi berbasis android pada 2021. Berdasarkan pentingnya edukasi dalam proses di radioterapi merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan tentang radioterapi seseorang mengenai faktor risiko terjadinya efek samping radioterapi dan proses penyinaran. Edukasi tentang proses pengobatan di radioterapi dapat memberikan pengaruh terhadap pengetahuan seseorang yang dapat diperoleh dari berbagai informasi seperti media elektronik dan media cetak.
Darmini - Darmini, S.Si.M.Kes. adalah Dosen di Jurusan Teknologi Radiologi Pencitraan di Poltekkes Semarang. Lahir di Rembang 19 Oktober 1971. Ia lulus pada akademi ATRO Jakarta pada 1993. Kemudian pada 2002, lulus pada jurusan Fisika Medis di Universitas Diponegoro (UNDIP) dan pada 2009 lulus magister jurusan Kesehatan Masyarakat di Universitas Diponegoro (UNDIP). Sejak 2018, ia menjabat sebagai Ketua Prodi D-3 Radiologi Poltekkes Semarang, setelah sebelumnya menjadi koordinator akademik pada 2006-2009. Ia aktif melakukan penelitian terkait CT-Scan, MRI, dan bidang Radiologi. Hingga saat ini, sejumlah publikasi telah dihasilkan dari hasil penelitian. Publikasi tersebut meliputi 29 judul artikel ilmiah yang dipublikasi pada jurnal ilmiah terindeks dan bereputasi.

Daftar Isi

Sampul Depan
Halaman Sampul
Hak Cipta
Perpustakaan Nasional RI. Data Katalog dalam Terbitan (KDT)
Penerbit Pustaka Rumah C1nta
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I Radioterapi
     A. Radioterapi
     B.  Tahapan Radioterapi
     C. Keselamatan Radioterapi
     D. Efek Samping Radioterapi
     E. Penyakit Akibat Radiasi
     F. Besaran Dosis Radiasi
Bab II Edukasi
     A. Definisi Edukasi
     B. Prosedur Pemberian Edukasi
     C.  Media Edukasi
Bab III Pengetahuan
     A. Pengertian
     B. Tingkat Pengetahuan
     C. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pengetahuan
Bab IV Sikap
     A. Pengertian
     B. Komponen Sikap
     C. Tahapan Sikap
     D. Faktor-faktor yang Memengaruhi Sikap
Bab V Perilaku
     A. Pengertian
     B. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku
     C. Domain Perilaku
Bab VI Android
     A. Pengertian Android
     B. Sejarah Android
     C. Komponen Aplikasi Android
     D. Jenis dan Versi Android
     E. Kelebihan dan Kelemahan Android
     F. Cara Membuat Aplikasi Android
Bab VII Aplikasi Model Edukasi
Radioterapi Mobile Android
     A. Rancang Bangun Model
     B. Hasil Produk
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Sampul Belakang