Tampilkan di aplikasi

Ruang keluarga, tampil keren dengan focal point

Tabloid Rumah - Edisi 341
18 April 2016

Tabloid Rumah - Edisi 341

Banyak orang yang mengabaikan focal point. Padahal kehadirannya dapat membuat sebuah ruang jadi terasa berbeda. / Foto : Yannis Rudolf Pratasik

Rumah
Saat Anda memasuki sebuah ruang, cobalah untuk berhenti sejenak, lalu perhatikan sekelilingnya. Hal apa yang pertama kali Anda lihat dan langsung menarik perhatian? Nah, itulah yang disebut dengan istilah focal point dalam sebuah ruangan. Ya, menghadirkan focal point dalam sebuah ruang adalah cara terbaik untuk menyegarkan kembali tampilan ruangan Anda. Lalu, bagaimana caranya menciptakan focal point? Mudah saja. Anda juga tidak memerlukan bujet besar, kok. Ini dia beberapa tip yang dapat Anda terapkan dalam merancang focal point.

Plafon Juga Bisa Gaya Agar tampil beda, Anda bisa merancang area focal point pada elemen plafon. Caranya dengan mengecat area plafon dengan warna kontras, seperti merah atau warna lainnya. Agar area plafon semakin cantik, maksimalkan elemen pencahayaan yang ada. Yang harus diperhatikan, kurangi penggunaan motif dan warna yang mencolok pada ruangan tersebut. Hal ini untuk mencegah kesan tabrak warna yang membuat ruang tampak berlebihan.

Manfaatkan Elemen yang Ada Perhatikan sekeliling ruangan Anda dan carilah elemen ruang yang memiliki detail paling kuat. Misalnya, jendela yang besar. Bila di ruang keluarga Anda terdapat elemen jendela yang luas dan memancarkan cahaya alami ke dalam ruang, maka manfaatkanlah sebagai focal point. Namun, bila jendela Anda tak menarik, akali saja dengan menggunakan gorden dengan motif yang menawan.

Furnitur Ketika Anda melihat sebuah ruang dan sebuah furnitur berukuran besar langsung menarik perhatian Anda, maka furnitur tersebut dapat Anda gunakan sebagai focal point. Namun, jangan lupa untuk menghias furnitur tersebut agar tak terkesan monoton. Hiasi furnitur Anda dengan tanaman, artwork, atau lampu penerang. Selain furnitur berupa rak, kursi dengan ukuran yang unik pun dapat dijadikan focal point, seperti kursi ini.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI