Tampilkan di aplikasi

Memilih meja makan yang pas

Tabloid Rumah - Edisi 349
8 Agustus 2016

Tabloid Rumah - Edisi 349

Meja makan pun punya aturan. Selain harus memberi kenyamanan yang maksimal pada penggunanya, meja makan mestinya mengganggu aktivitas atau sirkulasi orang yang berada di sekitarnya. Ini dia aturannya! / Foto : Arif Budiman

Rumah
Memilih furnitur untuk ruang sebenarnya bukan perkara yang sulit. Ini dikarenakan jenis furnitur setiap ruang sudah ada standarnya. Anda tak mungkin, kan, menaruh kitchen set di ruang tidur? Memilih furnitur juga bisa dikatakan mudah karena bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Artinya, tak ada paksaan untuk memilih furnitur sesuai dengan selera orang. Furnitur Anda adalah selera Anda, dan bukan atas dasar selera orang. Jadi, Anda bisa dengan sesuka hati mengisi furnitur di rumah Anda.

Yang buat memilih furnitur menjadi sulit adalah apabila selera yang Anda pilih tidak sesuai dengan kondisi ruangan (kebesaran/kekecilan) dan konsep desain rumah secara keseluruhan. Furnitur yang terlalu kecil akan membuat Anda tak nyaman menggunakannya. Sementara, furnitur yang terlalu besar akan membuat proporsi ruang tidak enak dipandang dan ruang jadi sempit. Begitu juga dengan konsep yang tak sesuai akan membuat penampilan rumah Anda berantakan. Tak Sese derhana Yang Dilihat Pemilihan furnitur di atas juga berlaku untuk pemilihan furnitur meja di ruang makan.

Walau terlihat sepele, ternyata banyak orang yang salah mengaplikasi material ini di ruang makannya. Ada 3 kesalahan yang paling sering dilakukan orang saat memilih meja makan. Pertama, bentuk meja makan tak sesuai dengan ruang yang dimiliki. Kedua, ukuran meja tak sesuai dengan luas ruang. Ketiga, tak memerhatikan kapasitas orang yang akan menggunakannya. Persoalan ini akan semakin runyam jika ruang makan yang Anda miliki ternyata berukuran terbatas. Karena Anda harus memikirkan desain, tampilan, kapasitas, kenyamanan, dan proporsi sekaligus. Tentunya, pekerjaan yang terlihat mudah ini akan menjadi lebih sulit. Kesalahan dalam memilih ukuran akan membuat Anda tak nyaman melakukan aktivitas makan di tempat ini. Bentuk dan desainnya yang tidak selaras akan membuat mata Anda tak sedap melihatnya.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI