Tampilkan di aplikasi

Awas, panas dari dinding!

Tabloid Rumah - Edisi 349
8 Agustus 2016

Tabloid Rumah - Edisi 349

Rumah panas bisa bersumber dari dinding yang terkena paparan sinar matahari langsung. Lalu, bagaimana membuat dinding ini adem? / Foto : Yannis Rudolf Pratasik

Rumah
Tinggal di daerah tropis memang sangat kental dengan hawa panas di sepanjang tahunnya. Paparan sinar matahari yang langsung menyentuh dinding, tentu akan mendatangkan panas ke dalam rumah. Akibatnya, rasa tidak nyaman akan dirasa semua penghuni rumah. Dulu, dengan mengaplikasi dinding batu bata saja, sudah efektif dalam menangkal panas yang masuk ke dalam rumah. Namun, karena perubahan iklim yang terlalu drastis dan membuat panas matahari semakin menyengat, sekadar dinding batu bata saja belum mampu menahan panas. Ditambah, desain rumahnya dibuat asal-asalan.

Hawa panas pun siap menyergap penghuni yang ada di dalamnya. Bagi yang belum mendirikan rumah, Anda dapat memerhatikan betul desain rumah yang akan Anda bangun, terutama peletakkan bukaan di dinding. Jangan sampai suhu panas terjebak di dalamnya. Perhatikan juga arah bergeraknya matahari. Jangan sampai rumah di bagian barat justru terkena terpaan sinar matahari langsung yang membuatnya menjadi panas. Tetapi, untuk rumah yang sudah terlanjur dibangun dan sulit untuk melakukan renovasi, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat menyiasati panas di dinding dengan berbagai cara beikut ini.

Jangan Salah Pilih Warna Menurut, Yopie Herdiansyah, Arsitek Akanoma Studio, pemilihan warna cat dinding sama dengan memilih warna pakaian. Warna bangunan dapat memengaruhi panas yang diserap. Warna putih adalah warna yang paling baik untuk menahan radiasi panas ke dalam ruangan. “Karena spektrum warna putih mampu memantulkan cahaya, sehingga energi radiasi panasnya juga tidak banyak yang masuk ke dalam ruang,” ucap Yopie. Berbeda dengan warna hitam atau warna gelap. Spektrum warnanya dapat menyerap semua energi radiasi panas sinar matahari, yang membuat ruangan lebih panas. Jadi, untuk dinding rumah yang terpapar sinar matahari, jangan pilih warna gelap.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI