Tampilkan di aplikasi

Konsep rumah pintar makin nyaman dengan berbagai kecanggihan

Tabloid Rumah - Edisi 349
8 Agustus 2016

Tabloid Rumah - Edisi 349

Penghuni rumah makin dimanjakan dengan segala kecanggihan yang ada di rumah pintar. / Foto : Dok. Botanica Valley

Rumah
Setelah tren peralatan elektronik pintar mulai dari TV, AC, kulkas hingga lampu pintar, kini hadir rumah pintar atau yang disebut Smart Home. Sesuai namanya, rumah pintar dilengkapi dengan berbagai teknologi yang akan memudahkan penghuni mengendalikan segala fitur di rumah ini, mulai dari sistem keamanan, kebakaran, hingga perangkat hiburan. Saat ini ada dua pengembang yang sedang mengembangkan perumahan berkonsep rumah pintar yakni PT Paramount Land yang mengembangkan Home Automation di Klaster Menteng Village, Gading Serpong dan Botanica Valley Serpong dari PT Surya Agung Realti.

Teknologi Pintar Meski sama-sama mengusung konsep rumah pintar, kedua pengembang tadi menawarkan jenis rumah pintar yang berbeda. Home Automation dari Paramount Land misalnya, rumah pintar ini dilengkapi perangkat elektronik berupa sensor keamanan dari bahaya pencurian, sensor pengamanan dari bahaya kebakaran, pengatur lampu, hingga sistem pertolongan darurat berupa panic button. Semua fitur tersebut bisa dikendalikan dari jarak jauh karena terhubung dengan smartphone milik penghuni. Aryo Tri Ananto, Direktur Paramount Land mengatakan sensor pada Home Automation bisa mendeteksi pergerakan di dalam ruangan sehingga bisa memantau bila ada penjahat yang masuk ke dalam rumah.

“Dengan sensor ini penghuni bisa memantau keamanan rumah saat malam hari maupun ketika ditinggal berpergian,” kata Aryo. Ia menambahkan, pada dapur juga terdapat sensor yang bisa mendeteksi kebocoran gas dan sebagainya. Bila terjadi keadaan bahaya, penghuni bisa menekan tombol panik atau panic button yang akan terhubung dengan petugas keamanan setempat. Lain lagi dengan Botanica Valley Serpong, rumah pintar ini menawarkan sistem kemananan terintegrasi antara kamera CCTV dan aplikasi yang diakses lewat telepon pintar. Rumah pintar ini menyediakan fitur hiburan berupa perangkat video dan audio.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI