Tampilkan di aplikasi

Monokrom hitam putih yang bikin trendi

Tabloid Rumah - Edisi 356
21 November 2016

Tabloid Rumah - Edisi 356

Nuansa hitam putih pada sebuah ruang akan memberi kesan elegan dan trendi. Namun, hati-hati dalam menerapkan konsep ini. Salah sedikit saja, konsep hitam putih akan buyar dan kesan elegan serta trendi pun tak akan terealisasi.

Rumah
Ada sebuah aturan dalam mendekorasi yang berbunyi “every room can use a touch of black”. Ya, mungkin Anda akan menganggap aneh bila ada nuansa hitam dalam dominasi warna pastel. Tapi tidak demikian. Penambahan warna hitam dapat membuat ruang lebih dramatis. Anda bisa menerapkan pada aksesori pendukungnya, misalnya pada fitting lampu, cushion, bingkai, dan sebagainya. Bila Anda berani, gunakan warna hitam sebagai warna yang dominan atau sebagai focal point. Warna hitam yang mencolok akan membuat ruangan Anda terasa lebih berkelas. Namun, untuk membuat si hitam tampil lebih trendi, kolaborasikan dengan warna putih. Kedua warna ini merupakan perpaduan yang pas. Padu padan keduanya kini kian digemari karena mewakili konsep monokrom yang sedang menjadi tren.

Dominasi Putih Bikin Lega Sarah Ginting, arsitek sekaligus desainer interior dari SAGIarchitects, mengungkapkan interior bernuansa hitam putih dengan dominasi hitam membuat ruang terkesan lebih formal dan berwibawa atau berat. Sehingga, cocok untuk ukuran ruang yang luas. Bila dominasi hitam diterapkan pada ruangan yang sempit, ruang tersebut akan terkesan sumpek dan penuh. Sebaliknya, bila putih lebih mendominasi dalam interior hitam putih, ruang akan terkesan formal namun lebih kasual. “Dominasi putih akan memberi kesan formal, tetapi terkesan lebih kasual. Kalau secara populer sering disebut manhattan style.

Cocok untuk ruangan rumah atau apartemen urban yang tidak terlalu luas,” ujar Sarah menjelaskan. Ya, putih sudah terkenal dengan kesan terang dan bersih yang diciptakannya. Penambahan warna hitam seoalah menjadi bonus yang membuat si putih semakin trendi. Kolaborasikan dengan Motif Sarah menyarankan untuk interior hitam putih yang didominasi hitam, Anda dapat menghadirkan motif-motif geometris berwarna hitam putih, baik pada dinding, lantai, furnitur, atau aksesori pendukungnya.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI