Tampilkan di aplikasi

Antara sejarah dan pemberitaan

Tabloid Rumah - Edisi 359
3 Januari 2017

Tabloid Rumah - Edisi 359

Dari gedung inilah proklamasi kemerdekaan Indonesia dikumandangkan ke penjuru Nusantara. Ya, Gedung Graha Bhakti Antara memang jadi salah satu ikon sejarah jurnalisme Indonesia. Seperti apa bentuk bangunannya? Yuk simak di halaman ini! / Foto : Joe

Rumah
Gedung Graha Bhakti Antara atau dikenal dengan nama Gedung Antara ini berada dekat rumah gubernur jenderal, yakni Istana Merdeka pada masa pendudukan Belanda. Lokasi ini dianggap strategis sebagai wilayah kantor-kantor pemberitaan.

Awalnya, Gedung Antara dibangun pada 1923 dan difungsikan sebagai gedung Berita Umum dan Agensi Telegraf milik Belanda.

Tak heran, jika arsitektur yang digunakan masih bergaya bangunan kolonial pada umumnya.

“Satu hal yang penting, tempat ini adalah salah satu cagar budaya Indonesia,” ujar Oscar Motuloh, seorang fotojurnalis yang telah melanglang buana ke berbagai tempat untuk mengabadikan peristiwa-peristiwa.

Ia juga yang bertanggung jawab sebagai Direktur Eksekutif Galeri Foto Jurnalistik Antara.

Sebagai bangunan cagar budaya, arsitektur bangunan pada Gedung Antara ini tak mengalami perubahan. Fasad bangunan masih tetap sama dan dipertahankan keasliannya dari dulu hingga kini.

Berbanding terbalik dengan arsitektur bangunan, desain interiornya sudah lebih modern namun tetap pada tema yang sama, yakni tema warna. Gradasi warna merah dan putih, sesuai warna bendera Indonesia, tersebar ke tiap sisi bagian dalam gedung.

“Warnanya merah, putih, dan warna-warna turunannya,” jelas fotografer senior ini.

Bila Anda melihat sendiri bangunannya, desain industrial tampak kental di sini. Mulai dari pemilihan material ekspos pada tangga utama, hingga plafon yang didesain layaknya instalasi industrial. Beberapa pipa dan kabel dibiarkan tersusun rapi di bagian atas ruangan. Hal yang sama berlaku pada lantai 2, lantai kayunya sengaja dipertahankan sehingga senada dengan kayu tulangan pada plafon yang dibiarkan terekspos.

Uniknya, di gedung ini terlihat meja dan kursi berdesain eklektik yang populer di era mid century.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI