Tampilkan di aplikasi

10 material tahan air

Tabloid Rumah - Edisi 362
1 Februari 2017

Tabloid Rumah - Edisi 362

Air adalah elemen alam yang penting bagi kehidupan manusia. Tanpa air, manusia tidak dapat hidup dan berkegiatan dengan layak. Namun bagi sebagian bahan bangunan, air adalah musuh utama. Air yang mengalir atau hanya merembes, dapat membuat bahan-bahan bangunan menjadi rusak. / Foto : Yannis Rudolf

Rumah
Disadari atau tidak, kebanyakan bahan bangunan yang kita gunakan adalah bahan bangunan yang tidak tahan air. Kusen pintu-jendela dan lantai parket yang terbuat dari kayu adalah contohnya. Kayu adalah bahan bangunan yang paling rentan terhadap air. Jika terkena air terus menerus, material ini mudah rusak.

Kusen pintu dan jendela yang ada di fasad (tampak muka) bangunan, sering terkena cipratan air hujan. Sementara parket kayu solid hampir setiap hari terkena air pel.

Begitu pula halnya dengan dinding.

Dinding bata atau beton ringan yang dipasang di bagian terluar rumah sebenarnya tidak tahan air.

Jika terkena terpaan air hujan, ia akan rembes dan lama-kelamaan akan membuat dinding menjadi lembap. Cat bagian dalam pun bisa menggelembung, bahkan terkelupas.

Selain untuk kusen dan penutup lantai, kayu kini sangat digemari sebagai lapisan luar penghias fasad. Pesona kayu memang tak pernah pudar dari dulu, karena kesannya yang alami. Apalagi kini, gaya shabby chic dan sentuhan country sedang naik daun, sehingga penggunaan kayu untuk bagian luar rumah makin mudah ditemukan.

Nah, jika digunakan sebagai bahan di luar rumah, kayu jelas-jelas tak akan tahan menghadapi gempuran air, kecuali kayu tersebut adalah kayu-kayu yang kuat seperti kayu ulin. Sayangnya, kayu ini harganya cukup mahal.

Gunakan Perlindungan dan Material Pengganti Bagaimana solusinya? Untuk material-material berbasis kayu, Anda dapat menggantinya dengan material-material lain yang tahan air.

Kusen kayu dapat Anda ganti dengan kusen aluminium atau uPVC. Sekarang ini kusen tersebut sudah ada yang memiliki motif kayu sehingga Anda, penggemar kayu, bisa tetap memiliki kusen yang tampak seperti kayu.

Parket dapat Anda ganti dengan bahan lain yang tahan air seperti vynil atau parket engineered. Kedua bahan ini memiliki kemiripan dengan kayu sehingga sepintas tak ada bedanya.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI