Tampilkan di aplikasi

Lebih mudah diaplikasikan

Tabloid Rumah - Edisi 366
11 April 2017

Tabloid Rumah - Edisi 366

Untuk mengetahui sebuah cat apakah berpengencer air atau tidak, Anda bisa melihat dari kemasan cat tersebut. Cat berpengencer air biasanya memiliki tanda bertuliskan “Water Based” di kemasannya. / Foto : Jou Endhy Pesuarissa

Rumah
Dari namanya, tentu kita akan mengetahui perbedaan mendasar dari cat water based dan cat solvent based yakni bahan pelarutnya. Tapi selain itu ada hal lain yang membuat kedua cat ini berbeda Suharsono Legowo, Retail Manager PT Propan Raya mengatakan bahwa perbedaan yang paling mudah dirasakan dari cat berpengencer air adalah intensitas bau menyengat yang lebih rendah dibanding cat berpengencer tiner. “Hal ini tentunya menguntungkan untuk ruangan-ruangan yang butuh langsung ditempati setelah dicat misalnya hotel,” kata Suharsono.

Perbedaan lainnya menurut Suharsono adalah cat berpengencer air lebih cepat kering setelah diaplikasikan yakni bisa kurang dari 2 jam. Namun Suharsono mengakui waktu yang diperlukan untuk cat mengering memang tergantung dari kondisi ruangan yang ada.

Bila pengecatan dilakukan di ruangan dengan udara kering dan ventilasi yang baik, maka proses pengeringan akan berlangsung dengan cepat. “Karena itu cat berpengencer air kurang cocok untuk wilayah dataran tinggi yang dingin dan lembap karena cat berpengencer air akan lebih lama mengering,” ungkap Suharsono.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI