Tampilkan di aplikasi

Carport, sesuaikan dengan konsep rumah

Tabloid Rumah - Edisi 367
19 April 2017

Tabloid Rumah - Edisi 367

Desainnya yang menyatu dengan bangunan membuat carport harus dirancang sesuai dengan konsep rumah. / Foto : Tan Rahardian

Rumah
Desainnya yang menyatu dengan bangunan membuat carport harus dirancang sesuai dengan konsep rumah. Jika tidak, carport dapat merusak tampilan desain rumah. Penambahan carport di bagian fasad dapat membuat rumah tampil berbeda. Tak heran jika Andy Rahman, arsitek dan pemilik konsultan desain CV Andy Rahman Architects mengingatkan bahwa mendesain carport bukan pekerjaan sepele. Dibutuhkan seorang ahli yang berkompeten agar tampilan carport tidak merusak keindahan rumah yang sudah ada. Apalagi, ukuran carport cenderung mendominasi fasad.

Selain desain, perhatikan tiga elemen penting saat membuat carport agar fungsi carport maksimal. Lantai Konstruksi lantai carport wajib menggunakan tulangan besi beton.
Selain itu, jangan lupa untuk mengecornya seperti membuat lantai dak beton. Ketebalannya daknya bisa setebal 4—8cm.

Semakin berat kendaraan, adonan cor beton harus semakin tebal. Untuk finishing, Anda bisa menggunakan floorhardener (jika Anda menggunakan lantai beton), keramik, atau homogeneous. Biaya mulai dari Rp475.000/ m2 tergantung pelapis lantai dan ketebalan coran.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI