Tampilkan di aplikasi

Bikin taman vertikal pakai wadah bekas

Tabloid Rumah - Edisi 374
31 Juli 2017

Tabloid Rumah - Edisi 374

Wadah-wadah tak terpakai sebaiknya jangan dibuang begitu saja. / Foto : Jou Endhy Pesuarissa

Rumah
Ingin memiliki taman di rumah, tetapi tidak memiliki lahan yang luas? Taman vertikal (vertical garden) bisa menjadi solusi tepat mengenai masalah ini. Taman vertikal merupakan konsep taman tegak dengan menanam tanaman yang disusun menggunakan pola vertikal. Taman vertikal umumnya diterapkan pada hunian-hunian yang memiliki lahan sempit, namun tetap ingin menciptakan suasana asri di rumah.

Konsep ini biasanya berada di dinding eksterior atau teras belakang rumah. Tanaman yang ditanam pun dapat berupa bunga atau sayuran. Untuk wadah taman vertikal, Anda tak perlu menggunakan material mahal dan baru. Anda bisa memanfaatkan barang-barang yang tak terpakai di rumah untuk membuatnya. Apa saja? Ini pilihannya!

Botol minuman bekas bisa Anda manfaatkan sebagai wadah untuk taman vertikal. Caranya, lubangi bagian tengah badan botol dengan ukuran 20 cm x 20 cm. Lalu, isi dengan media tanam seperti, sekam, pupuk, air, dan benih tanaman. Kemudian, susun dengan tali atau kawat pada area dinding yang akan dijadikan taman vertikal.

Bagi Anda yang memiliki kantong serbaguna tak terpakai, Anda dapat menggunakannya untuk menciptakan taman vertikal. Kantong serbaguna menjadi wadah yang mudah dan praktis dalam pembuatan taman vertikal di rumah yang lahannya sempit. Langkahnya cukup mudah, masukkan media tanam dan benih pada plastik transparan sebagai pelapis. Kemudian, susun media tanam sesuai dengan jumlah kantong. Setelah itu, tempelkan kantong serbaguna pada dinding.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI