Dapatkan tabloid digital Rumah Rp. 10,000 atau berlangganan mulai Rp. 119,000
Baca halaman pratinjau melalui aplikasi myedisi reader
Edisi 379
36 Halaman, Terbit 29 September 2017
Tabloid Dwi Mingguan

Renovasi kamar mandi mulai Rp 2 jutaan. Bujet mepet tapi ingin renovasi kamar mandi? Bisa. Tinggal pilih elemen prioritasnya.

Apa yang membuat renovasi kamar mandi jadi mahal? Ukuran! Lalu instalasi pemipaan, selanjutnya perlengkapan saniternya. Ruang yang dulu dijuluki “kamar kecil” ini belakangan mendapat tugas untuk menjalani fungsi lain selain membersihkan tubuh. Ruang ini menjadi tempat relaksasi, misalnya saja berendam air hangat dengan terapi aroma. Ruang ini juga jadi tempat untuk perawatan diri dan berias. Banyak juga yang meletakkan lemari-lemari untuk menyimpan peralatan mandi. Kamar kecil ini pun kemudian menjadi tidak kecil lagi. Malah pada rumah-rumah mewah, kamar mandi bisa sangat besar.

Di Jepang, sekecil apapun rumahnya, mereka selalu menyediakan ruang yang cukup luas untuk kamar mandi agar bisa menampung bathtube. Namun kamar mandi memerlukan perlakukan khusus. Selain instalasi saluran air yang cukup memakan biaya, dindingnya dilapisi keramik setinggi plafon. Karena di sana terdapat pembuangan, diperlukan alat pengisap udara untuk menjaga kesegaran udara di ruang tersebut. Ada juga perangkat kebutuhan standar seperti kloset, keran, dan shower. Ini masih ditambah dengan perawatannya yang juga perlu ekstra. Keran dan kaca perlu dilap setiap hari, lantai perlu disikat seminggu sekali, kloset perlu dibersihkan 2-3 hari sekali.

Sebenarnya, kalau dipikir-pikir, biaya pembuatan dan perawatan kamar mandi sudah mengalahkan biaya dapur. Karena umumnya ukuran kamar mandi lebih kecil dibandingkan dapur, sementara biaya pembuatannya beda tipis. Nah, kalau ukuran kecil saja sudah mahal, apalagi besar! Itulah mengapa kita tidak perlu membuat kamar mandi besar. Lemari-lemari bisa diletakkan di luar kamar mandi. Berias bisa dilakukan di kamar tidur. Relaksasi? Bisa ke salon, kok! Biarkan kamar mandi menjadi tempat untuk membersihkan tubuh saja. Sehingga kita bisa membuatnya tetap sehat dan indah tanpa harus berbiaya sangat tinggi.
Sampul
Belanja
Serambi : Kamar kecil sebaiknya kecil juga
Serba-serbi
Tips : Agar rak kayu lebih murah
Rumah kita : Telisik hunian rangkap showroom
     Padu padan agar tampak segar
Laporan utama : Renovasi kamar mandi mulai Rp 2 jutaan
     Ubah tampilan lewat keramik
     Kloset, pilih 1 tangki atau 2 tangki?
     Wastafel, pakai lemari lebih rapi
     Keran atau shower, yang mahal ada, yang murah banyak
     Shower box atau tirai?
     Jangan lupa aksesori!
Interior : Dapur industrial menghadap taman
     Tren perca pada sofa
     Hiasan dapur dari talenan
Peranti : Uji kompor induksi, masak cepat tanpa api
Solusi
Rumah sehat : Langkah jitu cegah korsleting
Bersih-bersih : Kiat praktis agar permadani tak lagi ternoda
Material : Daftar bahan bangunan di Jabodetabek
     Gulma yang menjelma jadi barang berguna
Properti : Melirik perkembangan properti cakung
     Sentra timur residence, strategis dan pasdengan kantong
Konsultasi : Renovasi 2 tahap di lahan 48 m
Eksterior : Pilihan jitu material buat jalan setapak
Bursa
Yang baru
Galeri : 5 Inspirasi coffee table menawan
     5 kreasi barang bekas
Seperti namanya, RUMAH menyingkap mengenai dunia perumahan dari arsitektur, desain interior, dan pertamanan, material, properti, sampai dengan peralatan rumah. Diterbitkan setiap dua bulan, merupakan tabloid yang disajikan dengan berbagai informasi yang berguna, wawasan dan inspirasi bagi pembaca yang mencari dan mendapatkan rumah yang ideal.                                                                                                      
2017   2016   2015