Tampilkan di aplikasi

Aneka variasi bakpao

Tabloid Saji - Edisi 352
25 April 2016

Tabloid Saji - Edisi 352

ak sulit mendapatkan tukang bakpao yang ada di berbagai peloksok kota. Tetapi bakpao yang dijual di mana-mana, tidak homemade rasanya. Padahal yang homemade enak rasanya. Inilah contohnya.

Saji
Tak sulit mendapatkan tukang bakpao yang ada di berbagai peloksok kota. Tetapi bakpao yang dijual di mana-mana, tidak homemade rasanya. Padahal yang homemade enak rasanya. Inilah contohnya. Bakpao Ayam Kari : Bahan kulit: 300 gram tepung terigu protein rendah 60 gram maizena 50 gram gula tepung 2 sendok teh ragi instan 1/2 sendok teh baking powder 20 gram susu bubuk 1 putih telur 160 ml air es 30 gram mentega putih 1/2 sendok teh garam.

Bahan isi: 150 gram ayam giling 1 buah wortel, dipotong kotak kecil sekali 1 sendok teh kari bubuk 1/2 sendok teh garam 1/4 sendok teh gula pasir 1/8 sendok teh merica bubuk 200 ml santan dari 1/4 butir kelapa 2 sendok makan minyak untuk menumis Bumbu halus: 8 butir bawang merah 4 siung bawang putih 2 cm kunyit, dibakar Cara membuat: Isi, tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan ayam giling. Aduk sampai berubah warna. Tambahkan wortel. Aduk sampai layu. Bubuhi kari bubuk, garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk rata. Tuangkan santan. Aduk sampai meresap. Sisihkan. Kulit, campur tepung terigu, maizena, gula tepung, ragi instan, baking powder, dan susu bubuk. Masukkan putih telur dan air es. Uleni sampai kalis. Tambahkan mentega putih dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 35 gram. Pipihkan adonan. beri isi. Bentuk hakau. Letakkan di atas kertas bakpao. Diamkan 45 menit sampai mengembang. Kukus di dalam pengukus yang sudah dipanaskan, di atas api sedang 8 menit sampai matang. (Ri)

Seluk Beluk Membuat Bakpao Yang Enak Bakpao yang enak harus lembut teksturnya, enak rasanya (manis asinnya pas), dan ketika ditelan tidak menyangkut di tenggorokan. Bakpao yang bagus bentuknya Bakpao yang bagus bentuknya mengembang ke atas bukan ke samping. Untuk itu perbandingan tepung dan cairan harus pas. Bakpao yang bagus bentuknya juga tidak keriput.
Tabloid Saji di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI