Tampilkan di aplikasi

Yuk, membuat seitan "dagingnya" para vegetarian

Tabloid Saji - Edisi 475
16 Oktober 2020

Tabloid Saji - Edisi 475

Daging Vegan

Saji
Bagi Sajiers yang sedang atau baru memulai memilih menjalani hidup sebagai vegetarian, tentu tak bisa lagi menyantap sajian berbahan sumber hewani. Namun Sajiers tetap bisa menikmati sensasi lezat hidangan berbahan “daging” yang bisa dibuat sendiri, lo. Wah, bagaimana cara membuatnya? Ya, bahan makanan ini disebut “seitan” atau daging vegan dan kerap disantap para vegetarian dan vegan. Yuk, kita coba membuat seitan di dapur sendiri!

Seitan (untuk 5 porsi)

Bahan:
1.000 gr tepung terigu protein tinggi
600 ml air
100 ml kecap asin
5.000 ml air

Cara membuat:
1. Uleni tepung terigu dengan 600 ml air sampai kalis. Diamkan 1 jam.
2. Letakkan adonan di dalam mangkuk besar atau baskom. Tuang air (dari 5.000 ml) secara bertahap sampai adonan terendam air.
3. Uleni kembali adonan sampai airnya berwarna keruh. Buang airnya.
4. Tuang kembali sisa air (dari 5.000 ml) sampai adonan terendam air. Uleni kembali adonan sampai airnya berwarna keruh. buang airnya.
5. Lakukkan terus menuang sisa air hingga adonan terendam air. Lalu uleni kembali adonan, sampai airnya terlihat berwarna bening. Sisihkan.
6. Rebus sisa air. Tambahkan kecap asin sampai mendidih di atas api sedang.
7. Ambil sedikit adonan. Bentuk adonan menyerupai daging steik. Rebus di dalam campuran air dan kecap asin sampai mendidih kembali. Kecilkan api. Pastikan adonan terendam di dalam campuran air. Jika air berkurang, tambahkan air agar adonan terendam.
8. Rebus selama 2 jam. Angkat. Tiriskan seitan. Dinginkan.
Tabloid Saji di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI