Tampilkan di aplikasi

Buku Salemba Empat hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Vaksinasi Covid-19

What You Need to Know

1 Pembaca
Rp 94.900 26%
Rp 70.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 210.000 13%
Rp 60.667 /orang
Rp 182.000

5 Pembaca
Rp 350.000 20%
Rp 56.000 /orang
Rp 280.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Covid-19 menjadi pandemi beberapa tahun terakhir. Pandemi artinya penyakit ini telah menyebar ke pelbagai belahan dunia. Tak terhitung banyaknya pasien, baik yang sembuh maupun yang meninggal. Sudah mencapai angka jutaan. Untungnya, tidak memakan waktu lama, meski saat itu pasien sudah terhitung tinggi, dunia mendapat kabar baik dengan kehadiran vaksin Covid-19. Beberapa negara, termasuk Indonesia, mengembangkan vaksin dengan merek dagang masing-masing.

Tiap vaksin, dikatakan memiliki efikasi atau keunggulan masing-masing. Dunia perlahan meyembuh, terlebih setelah program vaksinasi booster atau vaksin ketiga. Meski pada pelaksanaannya, ada saja kendala, khususnya yang dialami oleh tenaga kesehatan dalam mensosialisasikan vaksin. Pada akhirnya, vaksin Covid-19 tetaplah mencatat sejarah sebagai salah satu keberhasilan atau pencapaian di dunia kesehatan.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Aris N. Ramdhani / Adhitya Lazuardi / Uswatun Chasanah

Penerbit: Salemba Empat
ISBN: 9786026450876
Terbit: Mei 2022 , 134 Halaman










Ikhtisar

Covid-19 menjadi pandemi beberapa tahun terakhir. Pandemi artinya penyakit ini telah menyebar ke pelbagai belahan dunia. Tak terhitung banyaknya pasien, baik yang sembuh maupun yang meninggal. Sudah mencapai angka jutaan. Untungnya, tidak memakan waktu lama, meski saat itu pasien sudah terhitung tinggi, dunia mendapat kabar baik dengan kehadiran vaksin Covid-19. Beberapa negara, termasuk Indonesia, mengembangkan vaksin dengan merek dagang masing-masing.

Tiap vaksin, dikatakan memiliki efikasi atau keunggulan masing-masing. Dunia perlahan meyembuh, terlebih setelah program vaksinasi booster atau vaksin ketiga. Meski pada pelaksanaannya, ada saja kendala, khususnya yang dialami oleh tenaga kesehatan dalam mensosialisasikan vaksin. Pada akhirnya, vaksin Covid-19 tetaplah mencatat sejarah sebagai salah satu keberhasilan atau pencapaian di dunia kesehatan.

Ulasan Editorial

Buku yang bagus dan informatif sekali. Penyampaian dan pemaparannya ringan namun mudah dipahami bagi semua golongan, tentunya bagi yang awam sekalipun

Masyarakat umum / Faaiza Nabiela

Buku ini sangat informatif dan edukatif memberikan informasi di tengah masyarakat yang masih pro dan kontra mengenai vaksinasi COVID-19. Dilengkapi dengan berbagal infromasi terbaru tentang pelaksanaan COVID-19, buku ini bisa menjadi rujukan bagi masyarakat dan tenaga kesehatan dalam mencari informasi terkait pelaksanaan vaksinasi dengan bahasa yang mudah dipahami disertai penjelasan secara lengkap dan jelas, buku ini dapat menjadi pedoman bagi semua yang ingin mencari tahu tentang pelaksanaan vaksinas! COVID-19 termasuk informasi layanan jika ada kendala terkalt sertifikat vaksinasi terdapat keterangan dalam buku ini, dan saya sudah merasakannya sendiri

Widyalswara LAN-RI / Dra. Jenny Jory Salmon, M.SI.

Membaca buku dengan judul VAKSINASI COVID-19: WHAT YOU NEED TO KNOW, buah karya Ns. Aris Nur Ramdhanl, S.Kep., Ns. Adhitya Lazuardi, S.Kep., dan Ns. Uswatun Chasanah, S.Kep., seolah kita memasuki "dunia virus covid-19 dan vaksinasi" yang sesungguhnya. Penulis menjelaskannya dengan rinci dan sangat informatif. Buku ini memotivasi pembaca untuk terus membaca secara keseluruhan, sebab amat kaya informasi seputar menjaga kesehatan di era pandemik, khususnya vaksinasi yang mampu mengatasi persebaran Covid-19 dan turunannya. Saya sangat menganjurkan masyarakat untuk membaca buku ini, sebab informasi di dalamnya dapat meningkatkan insight kita dalam memahami, mengatas dan mencegah penularan virus melalui Vaksinasi.

Saya ucapkan selamat dan sukses, sekaligus terima kasih kepada Ns. Aris N.R., S.Kep., Ns. Adhitya L., S.Kep., dan Ns. Uswatuh C., S.Kep., atas terbitnya buku ini. Buku ini sangat berkontribusi dalam menyelamatkan anak bangsa dari penyakit yang mengerikan. Bravo!!

(Akademisi) Pendidik di Universitas Negeri Jakarta / Dr. H.M. Tjipto Sumadi, MSI., MPd

Dalam kesempatan ini perlu saya sampaikan bahwa buku ini sangat informatif dan juga dapat memberikan edukatif kepada masyarakat pada umumnya. Buku Ini menginformasikan tentang pelayanan vaksinasi, selama ini masyarakat masih ada yang belum paham bahkan takut divaksin, sedangkan dalam buku ini disampaikan dengan bahasa yang menarik, lugas dan sederhana ini dapat memudahkan masyarakat paham mengenai manfaat dari vaksinasi tersebut. Untuk itu buku ini dapat menjadikan rujukan dan petunjuk serta pengenalan pada masyarakat terhadap covid-19 dan vaksinasi. Semoga dengan diterbitkannya buku ini dapat bermanfaat dan memberikan pemahaman yang jelas pada masyarakat

Widyaiswara LAN RI / Drs. Supono, M.M.

Pendahuluan / Prolog

Menumbuhkan Optimisme dalam Pandemi
Vaksinasi adalah proses memasukkan virus atau bakteri mati atau yang telah dilemahkan ke dalam tubuh. Tujuannya, memberikan kekebalan pada tubuh kepada penyakit tertentu. Meski pada faktanya, vaksin bukanlah membuat seseorang kebal dari suatu penyakit, namun membuat simtom yang menyerang tubuh menjadi lebih ringan atau tidak berisiko tinggi. Vaksinasi telah menjadi penemuan penting di dunia kesehatan sejak dulu dan masih terus dikembangkan, terlebih karena beragam jenis penyakit baru yang terus bermunculan. Bahkan, pemerintah juga menambah beberapa jenis vaksin ke dalam daftar vaksin wajib bagi masyarakat.

Pandemi Covid-19 menyerang dunia. Jutaan pasien terserang, baik yang sembuh maupun yang meninggal. Vaksinasi Covid-19 hadir sebagai jawaban atas kegelisahan dan kesemrawutan keadaan saat itu. Selayaknya vaksin yang baru ditemukan atas penyakit yang masih terus diteliti, vaksin Covid-19 masih memerlukan banyak pengembangan dan memiliki kelebihan-kekurangan masing-masing dari tiap merek dagang yang dikembangkan oleh pelbagai negara. Tenaga kesehatan dan pemerintah, bahkan masyarakat sendiri, masih terus memiliki tugas dan menyebarkan informasi dan sosialisasi vaksinasi agar merata.

Penulis

Aris N. Ramdhani - Ns. Aris Nur Ramdhani, S.Kep., lulus dari pendidikan Diploma III Akademi Keperawatan (Akper) Pemda Sumedang sebagai lulusan terbaik dengan predikat cumlaude pada tahun 2010. Memiliki pengalaman sebagai perawat klinis di RS Pusat Pertamina dan RS Permata Keluarga Lippo Cikarang. Pada tahun 2013 melanjutkan studi Sarjana di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) dan lulus Ners pada tahun 2016 dengan predikat cumlaude. Penulis aktif di beberapa organisasi, baik di dalam kampus maupun luar kampus dan juga beberapa kegiatan sosial. Pada tahun 2015, penulis menerbitkan buku Latihan Fisik Lanjut Usia (LAFISKA) bersama beberapa dosen FIK UI.
Adhitya Lazuardi - Penulis saat ini sebagai ASN Ners di Pemkab Pandeglang penempatan Puskesmas Labuan sejak 2021. Pengurus di event organizer Media Perawat Akademi. Memiliki pengalaman perawat klinis, Staf Pengajar Stikes Abdi Nusantara, Manajer Umum dan Keperawatan Klinik Mutiara Medika Rangkasbitung. Lulus dari pendidikan D-3 Keperawatan Stikes Abdi Nusantara tahun 2011 dan melanjutkan pendidikan profesi Ners Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Indonesia 2016. Penulis aktif menjadi moderator dan pembawa acara di berbagai kegiatan serta terlibat kegiatan-kegiatan sosial.
Uswatun Chasanah - Penulis memiliki passion pada kegiatan ilmiah salah satunya selama bekerja di Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo mengikuti lomba Sistem Inovasi layanan publik (SINOVIK) tahun 2017 masuk 40 besar terbaik dan 15 besar terbaik tahun 2020 dengan judul inovasi kader peduli luka dan perawatan luka di Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo. Penulis saat ini mengemban amanah sebagai ASN 2019 DKI Jakarta yang ditugaskan di RSUD Pasar Minggu. Lulus dari pendidikan S-1 Keperawatan Universitas Respati Indonesia (URINDO) sebagai lulusan terbaik dengan predikat cumlaude pada tahun 2014. Pada tahun 2014 melanjutkan profesi Ners di Universitas Respati Indonesia (URINDO) dan lulus dengan predikat cumlaude pada tahun 2015. Penulis memiliki pengalaman perawat di masyarakat dan perawatan luka dengan menggunakan metode modern dressing selama bekerja di Puskesmas dari tahun 2016 sampai 2021.

Daftar Isi

Sampul Depan
Tentang Penulis
Ucapan Terima Kasih
Kata Sambutan
Prakata
Daftar Isi
Bab 1  Tentang Covid-19
     Gambaran Umum
     Jenis
     Faktor Risiko
     Tanda dan Gejala
     Diagnosis
     Komplikasi Infeksi Covid-19
     Pengobatan Covid-19
          Tanpa Gejala
          Derajat Ringan
          Derajat Sedang
          Derajat Berat Atau Kritis
     Pencegahan (5M dan Vaksinasi)
Bab 2  Tentang Vaksinasi
     Mengapa Vaksinasi?
     Mengapa Vaksinasi Covid-19?
     Herd Immunity
     Vaksinasi Covid-19 dan Kesehatan Mental
     Manfaat Vaksinasi Covid-19
     Bagaimana Vaksin Covid-19 Dikembangkan
          Penetapan Penggunaan Vaksin
     Jenis Vaksin
     Cara Bekerja
     Keamanan dan Kehalalan
     Efek Samping
     Fenomena ADE (Antibody-Dependent Enhance)
     Pelaksanaan dan Sasaran Vaksin
          Pendataan dan Penetapan Sasaran
          Fasilitas Pelayanan Kesehatan Pelaksana Pelayanan Vaksinasi Covid-19
     Vaksinasi Bagi Penyintas
     Vaksinasi Bagi Anak Usia 6-11 Tahun
     Vaksinasi Dosis Ketiga atau Booster
     Orang yang Tidak Boleh Menerima Vaksinasi
     Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI)
     Vaksin Gotong Royong
     Vaksinasi Pasien Drop Out
     Regimen Booster pada Sasaran yang Mendapat Vaksinasi Primer Heterolog
Bab 3  Komunikasi dengan Masyarakat Terkait Vaksinasi Covid-19
     Komunikasi Dengan Masyarakat Terkait Vaksinasi Covid-19
     Cara Mengatasi Misinformasi Terkait Vaksinasi Covid-19
          Tips melawan teori konspirasi dan informasi yang salah
Bab 4  Sertifikat Vaksin
     Sertifikat Vaksinasi
     Sertifikat Luar Negeri
     Sertifikat Vaksinasi Internasional Standar WHO Untuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN)
Bab 5  Frequently Asked Question
     Apa risikonya jika tidak mendapatkan aksinasi?
     Bagaimana dengan seseorang yang tidak tidak tahu dirinya terkonfirmasi Covid-19 tetapi terlanjur divaksinasi?
     Apakah seseorang harus menjalani pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu sebelum vaksinasi?
     Apakah setelah divaksinasi kita pasti kebal terhadap Covid-19?
     Bagaimana jika vaksinasi Covid-19 diberikan kepada seseorang yang sedang berpuasa?
     Saya sedang hamil, apakah saya harus vaksinasi? Vaksin apa yang aman untuk saya?
     Jika saya sudah vaksinasi memakai dosis I lalu saya hamil, kapan saya sebaiknya mendapatkan vaksinasi dosis II?
     Bagaimana perkembangan vaksin merah putih?
     Apa yang harus dipersiapkan sebelum vaksinasi Covid-19
     Bagaimana upaya antisipasi yang dipersiapkan untuk menghadapi peluang efek samping dari masing-masing jenis vaksin tsb?
     Apa yang bisa dilakukan pada reaksi ringan sistemik seperti demam dan malaise?
     Kapan Omicron ditetapkan sebagai Variant of Concern (VOC)?
     Bagaimana pemahaman saat ini tentang varian Omicron?
     Bagaimana transmisibilitas varian Omicro?
     Bagaimana tingkat keparahan penyakit dari infeksi Omicron?
     Bagaimana risiko reinfeksi dengan varian Omicron?
     Apakah vaksin Covid-19 yang sekarang efektif untuk varian Omicron?
     Apakah varian Omicron terdeteksi dengan Tes PCR dan Antigen?
     Bagaimana efektivitas obat-obatan yang ada terhadap varian Omicron?
     Apa saja penelitian yang dilakukan terhadap varian Omicron?
     Apa saja anjuran tindakan untuk negara-negara dalam upaya menekan penyebaran varian Omicron?
     Apa saja anjuran tindakan untuk individu dalam upaya menurunkan penyebaran varian Omicron?
     Apa yang harus saya lakukan bila anggota keluarga menunjukkan gejala?
     Apakah aman memberi ASI pada bayi bila ibu terinfeksi atau suspek virus corona?
     Apakah cuaca dingin dan salju bisa membunuh virus corona baru?
     Apakah antibiotik efektif dalam mencegah dan mengobati Covid-19?
     Dapatkah lampu ultraviolet membunuh virus corona baru?
     Bagaimana cara terbaik mencuci tangan secara benar?
     Bagaimana cara mencegah penularan virus corona?
     Apakah makan bawang putih bisa membantu mencegah infeksi virus corona baru?
     Apakah pengering tangan efektif membunuh virus corona baru?
     Apakah membilas hidung dengan garam secara rutin mencegah infeksi virus corona baru?
     Apakah menyemprotkan alkohol atau klorin ke seluruh tubuh dapat membunuh virus corona baru?
     Arti status warna kode QR Peduli Lindungi?
          Hijau
          Kuning
          Merah
          Hitam
     Sudah vaksin, namun status warna Peduli Lindungi masih merah?
Daftar Pustaka
Indeks
Sampul Belakang