Tampilkan di aplikasi

Lembata, surga baru yang wajib dikunjungi

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 3/2015
28 Maret 2018

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 3/2015

Seperti di kebanyakan daerah di Indonesia, perairan di dekat jetty depot Pertamina sering menawarkan binatang-binatang renik yang menarik. / Foto : SDAAI/Muljadi Pinneng Sulungbudi

Scuba Diver AustralAsia Indonesia
Mengeksplor daerah baru berarti mengharapkan sesuatu yang tidak diharapkan dengan usaha yang lebih. Eksplorasi keindahan Nusa Tenggara Timur kali ini hingga ke Timur Pulau Flores membuahkan hasil yang memuaskan. Tak terasa, tiga bulan berlalu sejak terakhir saya datang ke Lembata, sebuah Kabupaten dengan beberapa pulau yang terletak di Timur Pulau Flores.

Waktu itu, di bulan Mei, bersama Gemala Hanafiah dan Nadine Chandrawinata, kami melakukan beberapa penyelaman eksplorasi di perairan Lembata. Kali ini di kunjungan kedua, saya kembali bersama enam orang penyelam sekaligus fotografer bawah laut dan beberapa blogger ternama dengan 1 tujuan: menyiapkan bahan coffee table book untuk Lembata.

Informasi mengenai titik penyelaman di Lembata sangatlah minim, hasil eksplorasi dari perjalanan pertama saya juga tidak cukup banyak. Selain waktu koordinasi dan mempersiapkan semua perlengkapan yang cukup panjang, ketersediaan tabung pun terbatas.

Di Pulau Lembata belum ada dive operator, waktu itu kami harus meminjam tabung dari Oom Sony yang mempunyai usaha penyelaman mutiara. Itupun dengan jumlah yang terbatas, yaitu 8 tabung. Kali ini, untuk acara yang lebih besar lagi di akhir Agustus 2015, kami harus menyewa tabung dari sebuah operator selam di Larantuka.
Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI