Tampilkan di aplikasi

Makanlah sawo sedikit saja

Majalah Sedap - Edisi 10/2017
19 Oktober 2017

Majalah Sedap - Edisi 10/2017

Sebagaimana buah pada umumnya, sawo adalah makanan yang tergolong sehat. Boleh dimakan setiap hari, tetapi sebaiknya tidak dimakan dalam jumlah yang banyak sekaligus.

Sedap
Ini zat gizi utama sawo. Sawo manis bisa mengandung gula belasan persen. Oleh karena kandungan gulanya tinggi, sebaiknya kita tidak makan berlebihan secara sekaligus. Sawo 1 kg saja bisa setara dengan gula 1 ons, lo. Untuk diet pembatasan kalori, sawo tidak cocok menjadi buah favorit karena tinggi kalori. Boleh saja dimakan banyak, tetapi harus diimbangi dengan pengurangan nasi atau karbohidrat lain.

Walaupun berkadar gula tinggi, 1-2 buah sawo ukuran kecil tetap boleh dimakan oleh penyandang diabetes. Sama seperti kurma yang juga berkadar gula tinggi dan tetap boleh dimakan diabetesi. Kelebihan gula buah adalah tersedia bersama serat, antioksidan, dan zat-zat fitokimia lain yang bermanfaat mengendalikan kadar gula darah.

Sawo dipetik dalam keadaan mentah dengan getah yang sangat banyak lalu kulitnya yang keras digosok sampai halus, kemudian diperam sampai matang. Bila kurang matang, sawo masih mengandung banyak getah. Getah ini tidak berbahaya, tetapi pada orang yang sensitif bisa mengiritasi mulut. Untuk menghindari getah, sebaiknya pilih sawo yang sudah matang dan mulai empuk.

Getah sawo dalam kadar sedikit sebetulnya adalah antioksidan, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan, misalnya menjaga keremajaan kulit. Ditambah dengan seratnya, sawo bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Walaupun tidak istimewa, vitamin C dalam setiap 1 buah sawo ukuran sedang masih bisa menyumbang sekitar 30 persen dari kebutuhan harian vitamin ini. Selain vitamin C, sawo juga memberi kita sedikit vitamin A, asam folat, dan vitamin B.
Majalah Sedap di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI