Tampilkan di aplikasi

Mangga, buah ideal dengan nutrisi yang sangat menyehatkan

Majalah Sedap - Edisi 01/2019
26 Desember 2018

Majalah Sedap - Edisi 01/2019

Mangga, apa pun jenisnya, memiliki rasanya yang enak, manis dengan sedikit asam segar, plus harganya cukup terjangkau, terutama pada puncak musimnya. / Foto : Istimewa

Sedap
Mangga, apa pun jenisnya, memiliki rasanya yang enak, manis dengan sedikit asam segar, plus harganya cukup terjangkau, terutama pada puncak musimnya. Namun yang lebih penting, mangga juga ternyata memiliki kandungan gizi yang super padat, lo!

• Karbohidrat. Kandungan utama mangga adalah gula. Pada saat sudah mengkal, karbohidrat mangga berbentuk pati. Begitu matang, pati berubah menjadi gula sederhana seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Jenis mangga yang populer seperti arumanis kadar karbohidrat totalnya cukup tinggi. Satu buah ukuran sedang bisa mengandung sekitar 30-an gram karbohidrat, sehingga bila kita makan buah ini, sebaiknya kita mengurangi jatah nasi.

Apalagi bila kita menikmatinya dalam bentuk jus ala Thailand yang sudah berisi susu dan gula. Mangga juga mengenyangkan sehingga cocok dijadikan sebagai cara diet buah pengganti nasi.

Walaupun kadar gulanya cukup tinggi, mangga tergolong makanan yang sehat sebab kadar gula tinggi pada buah selalu diimbangi dengan kadar serat, vitamin, dan antioksidan yang juga tinggi.

• Vitamin C. Ini adalah vitamin utama pada mangga. Satu buah ukuran 250 gram saja sudah bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin C. Cocok untuk menjaga daya tahan tubuh di awal musim hujan, yang biasanya bertepatan dengan musim mangga.

Pada umumnya, mangga yang punya cita rasa asam mengandung vitamin C (asam askorbat) yang lebih tinggi daripada mangga yang hanya berasa manis.

• Provitamin A Warna jingga pada daging buah mangga berasal dari pigmen betakaroten, yang merupakan bahan baku vitamin A. Makin pekat warna jingganya, makin tinggi kadar betakarotennya. Begitu juga dengan semakin matang buahnya, semakin tinggi kandungan betakarotennya. Selain menyehatkan mata, betakaroten juga berfungsi sebagai antioksidan.
Majalah Sedap di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI