Tampilkan di aplikasi

Hamburg, sajian daging sapi tebal khas negeri sakura

Majalah Sedap - Edisi 03/2019
8 Maret 2019

Majalah Sedap - Edisi 03/2019

Yukihito Sakase

Sedap
Sedap Lovers tentu tahu, sushi sejak lama dikenal sebagai salah satu hidangan khas Negeri Sakura. Namun ternyata Jepang masih memiliki sajian khas lain berbahan daging sapi, yang populer disebut Hamburg. Terbuat dari daging sapi yang dicincang halus lalu dipanggang di dalam oven tradisional yang terbuat dari batu.

Yukihito Sakase, chef berdarah Jepang asli yang menjabat Executive Chef Ishigamaya Restaurant Jakarta, mengatakan, selain sushi, Jepang juga punya hidangan populer lain, yang dinamakan Hamburg. Menu ini pun cukup mudah di ditemui di beberapa resto di Jepang.

“Di Jepang, resto yang menyediakan menu hamburg pasti memiliki antrean panjang pengunjung karena hidangan ini sangat populer di sana,” ungkapnya. Konon, hamburg telah menjadi hidangan populer di Jepang sejak era 1960, pasca negara-negara lain di Eropa memperkenalkannya. Metode penyajian menu ini dianggap unik karena menggunakan daging super mahal, namun dimasak dengan teknik yang paling sederhana.

Di era 1960-an, hamburg pertama kali disajikan di Yokohama, yang merupakan salah satu kawasan pelabuhan utama dan sebagai tempat lalu lintas orang asing di Jepang. Sekilas, sajiannya tampak seperti potongan besar daging sapi. Namun Hamburg sebenarnya terbuat dari cincangan halus daging sapi yang disatukan menjadi bongkahan daging besar.

Untuk mengolahnya, kata Yukihito, diperlukan daging yang memiliki kandungan lemak yang pas. Biasanya, hamburg dibuat dengan ukuran diameter 10 hingga 15 cm per porsinya. “Sebelum dipanggang, daging berkualitas baik ini akan dibumbui terlebih dahulu agar tersaji dengan cita rasa yang lezat,” tambahnya.
Majalah Sedap di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI