Tampilkan di aplikasi

Uniknya cara bersantap dari berbagai negara

Majalah Sedap - Edisi 11
28 Oktober 2019

Majalah Sedap - Edisi 11

Memegang sendok dengan tangan kanan dan garpu di tangan kiri, tentu Sedap Lovers sudah biasa melakukannya, ya. Bahkan bagi yang kidal pun, cara memegang alat makannya tetap harus sama.

Sedap
Memegang sendok dengan tangan kanan dan garpu di tangan kiri, tentu Sedap Lovers sudah biasa melakukannya, ya. Bahkan bagi yang kidal pun, cara memegang alat makannya tetap harus sama. Itulah salah satu cara makan di negara kita.

Tentu saja negara lain juga memiliki cara atau etika makan yang berbeda. Menarik sekali mengamati atau mengetahui keunikan cara makan dari berbagai negara. Oleh karena cukup banyak, SEDAP membagi tulisan ini ke dalam 2 bagian. Nantikan bagian keduanya di edisi mendatang, ya!

1. Bersendawa jadi pujian di Tiongkok Jangan buru-buru merasa tersinggung ketika Sedap Lovers mendapati tamu dari Tionkok yang dijamu terlihat menyisakan sedikit makanan di piringnya. Cara ini justru untuk menunjukkan bawah mereka telah merasa kenyang karena hidangan yang tersaji luar biasa lezat. Selain menyisakan sedikit hidangan di atas piring, mereka juga akan bersendawa. Alih-alih memalukan, bersendawa justru merupakan cara tamu untuk memuji tuan rumah karena kelezatan hidangan yang disajikan. Unik, ya!

2. Etika makan di Argentina Orang Argentina terbiasa makan lebih malam. Dan harus diingat, selama makan jangan menuangkan anggur bagi orang lain, kecuali Sedap Lovers memang tahu cara menuangkannya. Mereka ternyata punya ritual dalam menuang anggur. Jadi, biarkan orang asli Argentina saja yang melakukannya agar tidak salah. Selesai makan, letakkan pisau dan garpu secara menyilang di atas piring.

3. Air minum dituang orang lain di Mesir Adat-istiadat makan di Mesir berbeda lagi. Sedap Lovers akan diminta untuk tidak mengisi gelas minum sendiri. Tunggu saja sampai orang yang duduk di samping kita menuangkannya. Kita tentu punya tugas yang sama. Menuangkan minuman untuk orang yang duduk di sebelah kita ketika airnya sudah terlihat berkurang dari separuh.
Majalah Sedap di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI