Tampilkan di aplikasi

Buku Selaras Media hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Memperbaiki Kualitas Tanah Untuk Produksi Tanaman

1 Pembaca
Rp 180.000 17%
Rp 150.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 450.000 13%
Rp 130.000 /orang
Rp 390.000

5 Pembaca
Rp 750.000 20%
Rp 120.000 /orang
Rp 600.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini menyajikan data, informasi dan konsep-konsep tentang “Pengelolaan Tanah” yang relevan dengan filosofi “Sustainable Soil Management (SSM)”.

Data dan informasi yang disajikan dalam tulisan ini dihimpun dari beragam pengalaman dan dari berbagai sumber yang dianggap valid, termasuk hasil-hasil pengkajian yang tersebar di berbagai referensi .Istilah 'tanah' menggambarkan campuran bahan-bahan mineral dan bahan organik tak terkonsolidasi pada permukaan bumi yang berfungsi sebagai media alami untuk pertumbuhan tanaman. Oleh karena itu “tanah” menjadi atribut fundamental yang menentukan produktivitas primer dan kehidupan di bumi.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Soemarno / Nisfi Fariatul Ifadah / Ulya Khoirun Nisa / Lailatul Fitria / Atiqah Aulia Hanuf / Radifta Adika Suarma / Nadiya Risdawati
Editor: Soemarno

Penerbit: Selaras Media
ISBN: 9786236980125
Terbit: Oktober 2021 , 408 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Buku ini menyajikan data, informasi dan konsep-konsep tentang “Pengelolaan Tanah” yang relevan dengan filosofi “Sustainable Soil Management (SSM)”.

Data dan informasi yang disajikan dalam tulisan ini dihimpun dari beragam pengalaman dan dari berbagai sumber yang dianggap valid, termasuk hasil-hasil pengkajian yang tersebar di berbagai referensi .Istilah 'tanah' menggambarkan campuran bahan-bahan mineral dan bahan organik tak terkonsolidasi pada permukaan bumi yang berfungsi sebagai media alami untuk pertumbuhan tanaman. Oleh karena itu “tanah” menjadi atribut fundamental yang menentukan produktivitas primer dan kehidupan di bumi.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah swt, atas segala karunia-Nya, penyusunan Bahan Ajar mengenai “MEMPERBAIKI KARAKTERISTIK DAN KUALITAS TANAH UNTUK PRODUKSI TANAMAN” ini dapat diselesaikan.

Buku ini menyajikan data, informasi dan konsep-konsep tentang “Pengelolaan Tanah” yang relevan dengan filosofi “Sustainable Soil Management (SSM)”.

Data dan informasi yang disajikan dalam tulisan ini dihimpun dari beragam pengalaman dan dari berbagai sumber yang dianggap valid, termasuk hasil-hasil pengkajian yang tersebar di berbagai referensi .

Dengan telah selesainya buku ini, perkenankanlah kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu, terutama kepada rekan-rekan sejawat yang telah secara tulus ikhlas memberikan informasi yang ada kaitannya dengan penyusunan buku ini.

Ucapan terima kasih juga disampaikan poada Program Penelitian Hibah Guru Besar dan Doktor FPUB TA.2019/2020 yang telah mendukung pendanaan untuk pelaksanaan penelitian Pengelolaan Tanah bagi Tanaman Bawang Putih .

Semoga informasi yang terkandung dalam buku ini dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya bagi pengembangan pembelajaran pada Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya.

Malang, Oktober 2021

Penyunting

Penulis

Soemarno - Prof. Dr. Ir. Soemarno, MS. Soemarno lahir di Madiun, 17 Agustus 1955. Memperoleh gelar Sarjana (S1) bidang Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Malang, pada tahun 1980. Pada tahun 1986 mengikuti pendidikan Magister Science (S2) di Institut Pertanian Bogor bidang Pengelolaan Sumberdaya Alam dan mendapatkan gelar MS. Memperoleh gelar Doktor (S3) di perguruan tinggi yang sama bidang ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam pada tahun 1991.
Nisfi Fariatul Ifadah - Nisfi Fariatul Ifadah, S.P Nisfi Fariatul Ifadah lahir di Sidoarjo pada tanggal 27 Januari 1997, merupakan anak kedua dari bapak Nurkholis dan ibu Nanik Nuriyati. Penulis menempuh pendidikan formal di SDN Ploso (2004 - 2009), melanjutkan jenjang Sekolah Menengah Pertama di SMPN 1 Wonoayu (2009 - 2012), dan jenjang Sekolah Menengah Atas di SMA Al-Islam Krian (2012 - 2015). Pada tahun 2015, penulis tercatat sebagai mahasiswa strata-1 (S1) Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, Jawa Timur melalui jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN). Pada tahun 2019 penulis tercatat sebagai mahasiswa Program Pasca Sarjana (S2) di Universitas Brawijaya, Program Studi Pengelolaan Tanah dan Air.

Selama menjadi mahsiswa penulis aktif mengikuti beberapa kegiatan antara lain adalah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada tahun 2015 di Fakultas Pertanian dan berhasil menjadi juara 2 di bidang Pengabdian Masyarakat, dan pada tahun yang sama penulis mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Tingkat Universitas Brawijaya dan berhasil masuk sepuluh besar dalam bidang Pengabdian Masyarakat, pada tahun 2016 penulis berhasil lolos pendaan Dikti untuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dalam bidang Pengabdian Masyarakat, pada tahun yang sama penulis lolos dalam Conference of Indonesian Student Association in South Korea (CISAK) di Korea Utara, dan pada tahun 2018 penulis mengikuti Soil Judging Contest (SJC) di Bogor.
Ulya Khoirun Nisa - Ulya K, N. Penulis yang bernama lengkap Ulya Khoirun Nisa’ dilahirkan di Wonogiri, 23 April 1999 sebagai anak pertama dari dua bersaudara dari bapak Putut Nursetyanto dan ibu Eka Purwaningsih. Penulis menempuh pendidikan formal di SDN 1 Giriwoyo (2004 - 2010), melanjutkan jenjang Sekolah Menengah Pertama di SMPN 1 Baturetno (2010 - 2013), dan jenjang Sekolah Menengah Atas di SMAN 1 Baturetno (2013 - 2016). Pada tahun 2017, penulis tercatat sebagai mahasiswa strata-1 (S1) Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, Jawa Timur melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Saat ini penulis sedang menempuh studi magister (S2) di Universitas Brawijaya, Program Studi Pengelolaan Tanah dan Air melalui jalus fast track.

Selama menjadi mahasiswa penulis aktif mengikuti organisasi di ekstra kampus yaitu FORMATANI sebagai Badan Eksekutif Pusat Bidang Administrasi pada tahun 2019 - 2021.

Selain mengikuti organisasi ekstra kampus penulis juga aktif mengikuti kepanitiaan di intra kampus, meliputi Paca Rantai 7 Divisi Humas tahun 2017, Konsoildasi Divisi Acara tahun 2020 dan Gatraksi Divisi Acara tahun 2020. Selain aktif di organisasi dan kepanitian penulis juga aktif menjadi asisten praktikum di beberapa mata kuliah antara lain Dasar Ilmu Tanah pada tahun 2017 - 2019, dan Teknologi Pupuk dan Pemupukan pada tahun 2019.
Lailatul Fitria - Lailatul F. Penulis yang bernama lengkap Lailatul Fitria dilahirkan di Mojokerto, 08 Januari 1999 sebagai anak pertama dari dua bersaudara dari bapak Alm. Mattinggal dan ibu Farida Mardiana. Penulis menempuh pendidikan formal di SDN Balongsari 8 (2005 - 2011), melanjutkan jenjang Sekolah Menengah Pertama di SMPN 2 Mojokerto (2011 - 2014), dan jenjang Sekolah Menengah Atas di SMAN 2 Mojokerto (2014 - 2017). Pada tahun 2017, penulis tercatat sebagai mahasiswa strata-1 (S1) Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, Jawa Timur melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Saat ini penulis sedang menempuh studi magister (S2) di Universitas Brawijaya, Program Studi Pengelolaan Tanah dan Air melalui jalus fast track.

Selama menjadi mahasiswa penulis aktif mengikuti organisasi dan kepanitian di intra kampus. Organisasi intra kampus yang diikuti penulis antara lain: Anggota Muda KSM di Center for Agriculture and Development Studies (CADS) pada tahun 2018. Sekretaris Bidang Komunikasi di Center for Agriculture and Development Studies (CADS) pada tahun 2019.
Atiqah Aulia Hanuf - Atiqah Aulia Hanuf, SP., MP. Penulis yang bernama lengkap Atiqah Aulia Hanuf dilahirkan di Kebumen, 9 Juli 1995 sebagai putri kedua dari 2 bersaudara dari Bapak Nurwibowo dan Ibu Endang Sri Wahyuni. Penulis menempuh Pendidikan formal di SDN 1 Karangtanjung pada 2001-2007.

Kemudian melanjutkan ke SMPN 3 Kebumen pada 2007-2009. Pada tahun 2009-2013 penulis melanjutkan ke tingkat menengah atas di SMAN 2 Kebumen. Pada 2013, penulis tercatat sebagai mahasiswi Strata-1 (S1) Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, Jawa Timur melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pada tahun 2021, penulis menyelesaikan studi magister (S2) di Universitas Brawijaya, Program Studi Pengelolaan Tanah dan Air. Studi S2, penulis mendapatkan beasiswa dari LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan).
Radifta Adika Suarma - Radifta Adika Suarma. Penulis terlahir di Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur pada tanggal 23 Februari 1998. Penulis merupakan putra pertama dari dua bersaudara oleh pasangan Bapak Sulung dan Ibu Dilah Yuliawati. Bapak Bekerja pada salah satu sekolah menengah pertama di daerah Gresik dan ibu bekerja sebagai ibu rumah tangga yang saat ini masih tinggal di Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

Penulis memulai pendidikan di TK Bakti 04 (2003-2004), SD Negeri 1 Pongangan (2004-2010), SMP Negeri 1 Greeik (2010-2013), SMA Negeri 1 Cerme (2013-2016). Pada tahun 2016, penulis terdaftar sebagai mahasiswa Strata 1 Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya. Tahun 2018 penulis dinyatakan masuk ke dalam Jurusan Tanah, Minat Manajemen Sumber Daya Lahan, Laboratorium Pedologi dan Sistem Informasi Sumber Daya Lahan yang dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. Soemarno MS dan telah menyelesaikan program studi S-1 pada tahun 2020. Penulis telah melaksanakan kegiatan magang kerja di Petrokimia Gresik yang ditempatkan di Departemen Riset dan Development mengenai pupuk dan pemupukan pada tahun 2019.
Nadiya Risdawati - Nadiya Risdawati. Penulis dilahirkan di Jakarta pada tanggal 13 Maret 1998. Penulis merupakan putri pertama dari empat bersaudara oleh pasangan Bapak Alm. Ir. Haris Hidayat dan Ibu Megawati Setiawan, S. H.

Penulis memulai pendidikan di TK Islam Puspa Indah (2002 - 2004), SD Muhammadiyah 12 Pamulang (2004 - 2010), SMP Negeri 4 Kota Tangerang Selatan (2010 - 2013), SMA Negeri 3 Kota Tangerang Selatan (2013 - 2016). Pada tahun 2016, penulis terdaftar sebagai mahasiswa Strata-1 Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya dan pada tahun 2018 penulis dinyatakan masuk ke dalam Jurusan Tanah, Minat Manajemen Sumber Daya Lahan (MSDL), Laboratorium Pedologi dan Sistem Informasi Sumber Daya Lahan (PSISDL).

Editor

Soemarno - Prof. Dr. Ir. Soemarno, MS. Soemarno lahir di Madiun, 17 Agustus 1955. Memperoleh gelar Sarjana (S1) bidang Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Malang, pada tahun 1980. Pada tahun 1986 mengikuti pendidikan Magister Science (S2) di Institut Pertanian Bogor bidang Pengelolaan Sumberdaya Alam dan mendapatkan gelar MS. Memperoleh gelar Doktor (S3) di perguruan tinggi yang sama bidang ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam pada tahun 1991.

Daftar Isi

Cover Depan
Judul Dalam
Halaman Hak Cipta
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Gambar
1. Pendahuluan
     1.1 Fungsi tanah
     1.2 Kesuburan tanah
     1.3 Tanah sebagai sumber air dan nutrisi untuk produksi tanaman
     1.4 Tekstur dan struktur tanah
     1.5 Air dalam tanah
     1.6 Bahan organik dalam tanah
     1.7 Unsur hara dalam produksi tanaman
2. Karakteristik dan Kualitas Tanah
     2.1. Karakteristik Tanah
     2.2 Kesuburan Tanah
     2.3. Pengelolaan Kualitas Tanah
3. Reklamasi Tanah Masam dan Saline
4. Kebutuhan Hidup Tanaman
     4.1 Siklus Hara
     4.2 Produksi Pupuk Nitrogen
     4.3 Manajemen Nutrisi Terpadu
5. Teknologi untuk Memperbaiki Kualitas Tanah
     5.1 Bahan Pembenah Tanah
     5.2 Pengolahan Tanah
6. Kompos dan Kapur untuk Memperbaiki Karakteristik Tanah
     6.1 Bahan Organik Tanah dan Kompos
     6.2 Kapur dan pengapuran
     6.3 Karakteristik Kimia Tanah
     6.4. Pengaruh Kapur dan Kompos pada Stabilitas Agregat
     6.5. Stabilitas Agregat dan Karakteristik Fisika Tanah Lainnya
     6.6. Mineral liat dan agregasi tanah
     6.7 Ikatan Bahan Organik dan Mineral Liat
     6.8. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Agregasi Tanah
7. Pemupukan untuk mempertahankan kesuburan tanah dan meningkatkan produktivitas
     7.1. Dosis pupuk yang tepat
     7.2. Sumber Hara (Jenis Pupuk) yang tepat.
     7.3. Tempat (posisi) pupuk yang tepat
     7.4. Waktu aplikasi pupuk yang tepat
8. Sprsies tanaman alternatif untuk meningkatkan kesuburan tanah
Daftar Pustaka
Glosarium
Biodata Penulis
Cover Belakang