Tampilkan di aplikasi

Saluran irigasi lancar, kunci keberhasilan produksi padi

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3775
21 November 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3775

Saluran Irigasi tersier dirasakan mampu meningkatkan produksi dan pendapatan petani di Pulau Buru (dok. Sentana)

Sinar Tani
Salah satu daerah yang ada di timur Indonesia, Kabupaten Buru yang beriklim kering ternyata memiliki hamparan sawah yang luas. Bahkan wilayah ini menjadi pemasok pangan dengan kontribusi mencapai 60 persen untuk keseluruhan Provinsi Maluku.

Hamparan sawah tersebut berada di Waeapo, Waelata dan Lolong Guba. Produksinya pun menggembirakan karena mencapai 3.8 ton setara beras. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari lancarnya saluran irigasi di ketiga wilayah tersebut.

Saluran air irigasi didistribusikan dari bendungan-bendungan yang dibangun. Ditambah dengan kondisi iklim laut tropis dan iklim musim hujan sepanjang tahun, memperkecil peluang bagi areal persawahan di Kabupaten Buru mengalami kekeringan sekalipun saat musim kemarau.

Tercatat ada sekitar 7.500 ha jaringan irigasi yang berada di Kabupaten Buru. Ditambah adanya bendungan Way Dafa sebagai free intake dari jaringan irigasi di wilayah tersebut.

Wakil Bupati Buru Amus Tofa Besan menyebutkan, pada tahun 2012 sempat terjadi banjir bandang di Kabupaten Buru dan mengakibatkan kerusakan pada sebagian bangunan dan merusak tebing sungai sisi kanan sehingga sungai bertambah besar dan merubah aliran air.

Kerusakan tersebut mengakibatkan bangunan pengambilan tidak lagi dapat berfungsi untuk mengairi areal irigasi dan masyarakat tidak dapat melakukan aktivitas di sawah sebagaimana mestinya.

Tahun 2018 ini pembangunan Bendung Way Dafa memasuki tahap IV dan direncanakan dapat mengairi 1.500 ha. ”Pembangunan bendungan diikuti oleh pembangunan jaringan irigasinya.

Dengan demikian bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat memberikan manfaat yang nyata di mana air akan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” ujarnya.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI