Tampilkan di aplikasi

Satu data, satu pintu dengan SISBUN

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3775
21 November 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3775

Di daerah timur Indonesia, yang sudah menerapkan pelayanan satu data satu pintu adalah BBPTP Ambon.

Sinar Tani
SISBUN ini akan mencakup beberapa sistem informasi. Yakni, Siperibun, Sipkebun, e-STDB, Sipereda OPT, Sipasbun, Sisdabokar, Simponi, Sindo, Tebu Online, dan e-statistikbun. Di rektur Jenderal Perkebunan, Bambang mengatakan, dengan adanya satu data satu pintu, akan lebih memudahkan masya rakat, terutama yang ber kecimpung di dunia perkebunan untuk mendapatkan informasi secara digital (elektronik).

“Salah satu contohnya adalah Siperibun, Sistem Informasi Perizinan Per kebunan. Jadi di dalamnya terdapat data dan in for masi yang mencakup jum lah izin, lokasi, luas, nama perusahaan, struktur manajemen dan kepemilikan perusahaan. Dengan demikian tata kelola perkebunan menjadi lebih baik,” katanya.

Bukan hanya di pusat yang mewujudkan satu data satu pintu, beberapa UPT (Unit Pelaksana Teknis) milik perkebunan sudah melaksanakannya. Seperti di Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Ta naman Perkebunan (BBPPTP) Surabaya, Me dan dan Ambon sudah menerapkannya pelayanan satu data satu pintu dengan berbasiskan terjun langsung ke lapangan atau online.

Di BBPPTP Surabaya terkenal dengan Siani (Sahabat Setia Petani). Layanan Siani ini bukan hanya berbasiskan elektronik/online/ digital (e-Siani), melainkan ada yang terjun langsung (jemput bola) ke lapangan, yakni Mobil Siani. Layanan yang diberikan Siani berupa Sistem Layanan Dokter Tanaman (Sinanda), pengujian Mutu APH dan quality control, pengujian mutu pestisida, pengujian residu pestisida dan logam berat pada hasil pertanian, penyuluhan sertifikasi benih dan Sistem Pelayanan Uji Mutu Benih.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI