Tampilkan di aplikasi

Autonomous Tractor, traktor petani milenial

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3775
21 November 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3775

Perkembangan alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk menarik minat petani muda kini semakin canggih dengan dikeluarkannya Autonomous Tractor.

Sinar Tani
Traktor tanpa awak ini mempunyai fungsi dan keunggulan untuk mengolah tanah dengan menggunakan traktor roda 4 dengan sistem kemudi yang dapat dikendalikan secara otomatis. Traktor otonom ini dapat melakukan pengolahan lahan sesuai dengan peta perencanaan dengan akurasi 5-25 cm. Sistem kontrol pada traktor terdiri atas pengendalian stir, gas, gear, rem dan kopling.

Sedangkan untuk aplikasi pengolahan lahan digunakan pengendalian implemen dan PTO. “Kita buat ini untuk mengantisipasi kekurangan tenaga kerja dalam pengolahan lahan, termasuk penggunaan saat orang lain tidak bisa bekerja. Misalnya pada malam hari,” kata inventor autonomous tractor dari Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan), Tri Wahyudi.

Traktor tersebut dikemudikan dengan sistem program tertentu dan bisa diprogram untuk berjalan melakukan tugasnya mengikuti alur yang sudah ditentukan sebelumnya. Namun Tri mengakui, sebenarnya traktor yang digunakan adalah traktor manual, tapi diberikan dengan sentuhan otomatisasi.

“Kopling, gas, rem selama ini kan dikendalikan manusia sebagai operatornya. Tapi ini kita buat otomatis dengan ditambahkan actuator yang mengendalikan kopling, rem (kanan kiri), gas, perseneling maju mundur, perseneling (gigi 1-2), implement dan mematikan engine,” tuturnya. Untuk mengendalikan actuator, Tri menggunakan microcontroller yang telah terprogram. “Otak kontrolnya kita menggunakan mini computer yang disambungkan dengan wifi dengan laptop atau komputer penggunanya,” ungkapnya.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI