Tampilkan di aplikasi

Pemerintah fokus perbaiki layanan untuk petani

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3778
11 Desember 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3778

Tahun 2019 adalah tahun politik. Meski suhu politik bakal ‘memanas’, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian tak akan mengabaikan layanan untuk petani, bahkan akan terus diperbaiki.

Sinar Tani
Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Investasi Pertanian Kementerian Pertanian, Hari Priyono mengatakan, pemerintah akan melakukan perbaikan layanan yang dibutuhkan petani. Pelayanan pokok utamanya berupa pupuk subsidi, penyuluhan, pengendalian hama penyakit, dan pengaturan air.

“Air menjadi krusial dalam perubahan iklim, maka irigasi menjadi salah satu faktor penting. Apabila kita ingin memperbaiki layanan ke petani, salah satunya pupuk jangan sampai terlambat,” kata Hari saat membuka Diskusi Forum Wartawan Pertanian (Forwatan) bertema “Outlook Agribisnis 2018 dan Proyeksi 2019” di Gedung Pusat Agribisnis Indonesia (PIA) Kementan, Jakarta, Selasa (4/12).

Namun demikian, Hari mengakui, tahun 2019 sektor pertanian masih mengalami banyak tantangan, salah satunya perubahan iklim. “Kita harus menganggap perubahan iklim tidak dilihat sebagai suatu ancaman melainkan peluang,” ujarnya.

Ia mencontohkan, pola tanam padi yang dulu kerap dibagi menjadi dua periode yakni Oktober- Maret dan April-September tidak lagi sepenuhnya dapat menjadi patokan dalam pengembangan pertanian. ”Sebab di musim hujan seperti saat ini, kita masih menemukan ada juga daerah yang belum mengalami hujan. Inilah perlunya kita menyesuaikan diri dengan kondisi iklim,” katanya.

Hari menjelaskan, dengan kondisi perubahan iklim tersebut, hampir setiap bulan ada saja petani yang menanam padi. Untuk itu, ia memastikan dari sisi produktivitas tidak ada kendala yang berarti.

Namun persoalan muncul ketika sudah masuk ke sektor distribusi. Sebab tidak jarang ditemukan di sejumlah titik atau pasar mengalami kelangkaan bahan pokok. ”Tapi ini bukan berarti produksi tidak ada, secara fakta, panen ada, tapi distribusinya mahal,” katanya.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI